F10 Baru Siap Taklukkan Valencia

Rabu, 23 Juni 2010 – 03:06 WIB
JAJAL - Tim Ferrari ketika memperkenalkan mobil baru F10. Foto: Newsonf1.com.

VALENCIA - Tim Ferrari memasuki babak baru saat menjalani Grand Prix Eropa akhir pekan iniDalam balapan yang berlangsung di sirkuit jalanan Valencia itu, tim Kuda Jingkrak sudah menyiapkan komponen baru di mobil F10 yang menjadi andalannya

BACA JUGA: Dari Daftar Cadangan ke Babak Utama

Perubahan tersebut menjanjikan peningkatan kecepatan untuk menjalani sisa musim.

Fernando Alonso sudah merasakan pengembangan terakhir tersebut
Tapi, dia masih belum bisa memacu mobilnya dengan kecepatan penuh

BACA JUGA: Meski Kalah, Meksiko Dampingi Uruguay

Sebab, dia hanya menjalani syuting untuk promosi.

Mobil F10 yang sudah mendapatkan update baru akan melakukan debut sesungguhnya di GP Eropa
Ferrari akan mencoba sistem pembuangan yang panjang menggantung di Valencia

BACA JUGA: Mendiknas Jagokan Perancis

Sebelumnya, test driver Marc Gene menguji aspek aerodinamisnya di markas tim, Vairano, pekan lalu.

Ferrari berharap serangkaian update yang mereka lakukan bisa makin mendekatkan mereka pada dua tim terdepan, McLaren Mercedes dan Red Bull-RenaultPrediksi awalnya, update tersebut bisa meningkatkan kecepatan mobil hingga 0,7 detik tiap lap.

"Bagian yang paling signifikan adalah konfigurasi untuk sistem pembuangan, itu bertujuan untuk meningkatkan efisiensi aspek aerodinamis mobil," demikian pernyataan resmi Ferrari.

Kemarin Ferrari mengkonfirmasi bahwa timnya sudah melakukan beberapa modifikasi dan updateTeam Principal Stefano Domenicali menegaskan bahwa pihaknya sudah meninggalkan eksperimen mengembangkan modifikasi sayap belakang yang serupa dengan sistem F-duct yang diterapkan McLaren.

Harus diakui, dalam beberapa balapan terakhir, Ferrari jauh ketinggalan dari McLaren dan Red BullSetelah Alonso menang di GP pembuka yang berlangsung di Bahrain, Ferrari malah gagal menunjukkan performa mengesankan.

"Pastinya, ada kebutuhan untuk melakukan usaha yang lebih agresifKami telah mencurahkan konsentrasi untuk pengembangan sayap belakang dan tak fokus pada area lain," ungkap Domenicali, usai balapan di Kanada, dua pekan lalu.

"Untuk persiapan menuju Valencia, fokus akan kami arahkan pada bagian lain, karena F-duct merupakan sisten yang sangat complicated, yang akan menyita banyak tenaga dari proyek lain," lanjutnya.

Selain itu, modal besar sudah diperoleh Ferrari untuk mengembangkan mobilnya menuju sisa musimMereka mendapatkan seorang teknisi kawakan yang sudah berpengalaman di F1Kemarin, Ferrari mengkonfirmasi telah mendapatkan Pat Fry untuk bergabung dengan tim, setelah meninggalkan McLaren awal tahun ini.

Berdasar laporan media Italia, Fry sebelumnya masih terlibat pada pengembangan mobil McLaren untuk musim 2011Dengan kesepakatan bersama Ferrari, Fry diperkirakan akan memberi efek besar pada F10Evaluasi pengembangan F10 di Valencia akan menjadi pekerjaan awalnya di FerrariMeski begitu, kedatangan Fry tak akan mengubah struktur di Technical Department Ferrari.

"Saya kira itu akan baik untuk diaKeputusan yang tepat baginya untuk mengambil liburan, mengambil nafas," ujar Martin Whitmarsh, bos McLaren mengenai hengkangnya Fry(ady)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ancaman Mati buat Kaita


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler