Fakta-Fakta Pelantikan Joe Biden dan Kamala Harris: Bersumpah di Depan Injil Berusia 123 Tahun

Kamis, 21 Januari 2021 – 08:44 WIB
Joe Biden dan Kamala Harris. Foto: Tasos Katopodis/POOL/AFP via Getty Images

jpnn.com, NEW YORK - Joe Biden dilantik menjadi Presiden Amerika Serikat yang Ke-46 pada Rabu, 20 Januari bersama dengan wakilnya Kamala Harris pada siang hari waktu setempat, atau sekitar pukul 23:30 WIB Indonesia.

Pelantikan Joe Biden disebut menjadi perayaan yang tetap meriah tetapi dengan kondisi yang jauh berbeda karena masih dalam kondisi pandemi covid-19.

BACA JUGA: Ada Aksi Joe Biden yang Tak Terduga saat Situasi Masih Tegang, Gedung Putih Dijaga 25 Ribu Tentara

Berikut sejumlah fakta pelantikan Joe Biden dilansir dari dari sejumlah sumber:

Kapan Joe Biden Dilantik?

BACA JUGA: Malam Penuh Haru Jelang Pelantikan Joe Biden, Ini untuk 400 Ribu Warga AS yang Dibunuh COVID-19

Joe Biden dan Kamala Harris dilantik tepat pada sinag hari, Rabu 20 Januari 2021 waktu setempat.

Saat itu, Joe Biden membacakan pidato kepresidenan pertamanya, kepada seluruh rakyat Amerika Serikat.

BACA JUGA: Pelantikan Joe Biden Bawa Angin Segar ke Nilai Tukar Rupiah Hari Ini

Pada Rabu malam, pelantikan akan dilanjutkan dengan pesta. Namun, akibat pandemi, pesta ini diganti dengan acara televisi bertajuk "Merayakan Amerika".

Siapa Tamu di Pelantikan Joe Biden?

Dilansir dari NBC News, undangan yang datang layaknya pada acara pelantikan, yaitu sebagian besar anggota Kongres dan Pengadilan Agung, serta sejumlah presiden terdahulu.

Di antaranya ada Barack Obama, George W Bush, dan Bill Clinton bersama istri masing-masing, Michelle Obama, Laura Bush, dan Hillary Clinton.

Presiden tertua, Jimmy Carter yang kini berusia 96 tahun menyebut tak hadir, tetapi menyampaikan doa terbaik, bersama istrinya, Rosalyn Carter.

Pelantikan ini menjadi masa di mana pasangan ini absen, sejak menjadi presiden di tahun 1977. Selain Jimmy Carter, Donald Trump juga akan absen.

Susunan Acara 

Pelantikan diawali dengan doa oleh tokoh agama dan teman dekat dari keluarga Biden, Leo J O'Donovan, serta pembacaan Ikrar Kesetiaan oleh pemadam kebakaran berkulit hitam pertama, Andrea Hall.

Berikutnya ada Lady Gaga, rekan kampanye Joe Biden, yang akan menyanyikan lagu kebangsaan, Star Spangled Banner. Ada pula Amanda Gorman, penerima Anugerah Penyair Muda 2017. Penyintas gagap ini akan membacakan puisi berjudul "Bukit yang Kami Daki'.

Selanjutnya ada Jennifer Lopez yang akan tampil dan ditutup oleh tokoh agama yang juga teman lama Joe Biden, Silvester Beaman.

Siapa yang Melantik Joe Biden?

Seperti tradisi yang sudah ada, Joe Biden dilantik oleh Pimpinan Pengadilan Agung, John Roberts, pada pukul 12:00. Biden bersumpah di depan Injil yang berusia 123 tahun, yang dipegang oleh istrinya.

Siapa yang Melantik Kamala Harris?

Kamala Harris, perempuan pertama dan warga kulit berwarna pertama yang menjadi wakil presiden, akan disumpah oleh anggota Pengadilan Agung perempuan Sonia Sotomayor. Dia juga tercatat sebagai hakim latin pertama di Pengadilan Agung.

Harris disumpah di depan dua Injil. Satu milik kerabat mereka bernama Regina Shelton, dan Injil kedua milik Hakim Pengadilan Agung kulit hitam pertama, Thurgood Marshall.

Apa Tema Pelantikan Joe Biden?

Tema pelantikan Joe Biden bertajuk "America United" atau "Amerika Bersatu".

Bagaimana Protokol Kesehatannya?

Pelantikan diterapkan dengan protokol kesehatan. Pengunjung menerapkan jaga jarak serta wajib bermasker.

Panitia memberikan selebrasi bagi mereka yang tetap ada di rumah. Dengan memasang bendera Amerika serikat di National Mall, sebanyak 191.500. Bendera dengan berbeda ukuran, dan mewakili masing-masing negara bagian.

Pada Kamis, Biden dan Harris akan menyelenggarakan penghormatan bagi mereka yang meninggal saat pandemi, dalam acara bertajuk momen persatuan nasional, beretmpat di Kolam Lincoln Memorial, yang dikelilingi dengan lampu di tepiannya. (nbc/ngopibareng/jpnn)


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler