Fathanah Perkenalkan Diri Sebagai Pengusaha Pupuk

Rabu, 22 Mei 2013 – 14:10 WIB
JAKARTA -- Sekretaris Menteri Pertanian, Baran Wirawan, menyatakan bahwa tersangka Ahmad Fathanah, pernah memerkenalkan diri kepadanya sebagai pengusaha pupuk. Menurutnya, pertemuan itu terjadi sekitar Oktober atau November 2012 lalu.

"Pernah bertemu karena dia (Fathanah) datang ke kantor saya. Dia (Fathanah) perkenalkan diri bahwa dia seorang pengusaha pupuk," kata Baran, bersaksi dalam persidangan perkara dugaan suap pengurusan kuota impor daging sapi di Kementerian Pertanian, untuk terdakwa Direktur PT Indoguna Utama, Aria Abdi Effendi dan Juard Effendi, Rabu (22/5), di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta.

Menurut Baran, Fathanah juga menyebut ikut tender proyek-proyek di Kementerian Pertanian. "Beliau prinsipnya berusaha di Kementan. Ikut proyek-proyek di Kementan," jelasnya.

Setelah mendengar pengakuan Fathanah,  Baran mengaku memberikan jawabab kepada orang dekat bekas Presiden Partai Keadilan Sejatera yang sama-sama menjadi tersangka dalam kasus ini. "Saya memberikan jawaban, selama anda profesional mungkin anda akan bisa baik. Ikutilah aturan-aturan yang ada," ungkap Baran.

Ia mengakui bahwa Ahmad Fathanah tidak berbicara soal penambahan kuota impor daging sapi. Melainkan hanya berbicara soal tender-tender saja. "Tidak ada. Sama sekali tidak ada (soal penambahan kuota)," ungkapnya. (boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... PKS Kembalikan Fahri dan Nasir ke Komisi III

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler