Fatih Bilingual School Aceh Memperkenalkan Siswa dengan Pendidikan Tinggi dan Karier

Rabu, 18 November 2020 – 14:09 WIB
Siswa Fatih Bilingual School Aceh. Foto: Fatih Bilingual School

jpnn.com, JAKARTA - Fatih Bilingual School Aceh menempatkan fungsi konseling terkait perguruan tinggi dan karier sebagai hal penting.

Sejak awal meluluskan para siswanya tahun 2009, Fatih Bilingual School Aceh selalu hadir memberikan bimbingan yang diperlukan.

BACA JUGA: Siswa Fatih Bilingual School Mempersembahkan Emas Pertama Aceh dari KSN 2020 IPA SMP

Bahkan untuk mempermudah sistem bekerja dengan baik, maka Fatih Bilingual School mendirikan divisi khusus Career Counseling Department di mana para siswa diperkenalkan terkait pendidikan tinggi dan karier dari usia dini.

Di antara banyaknya agenda kegiatan Career Counseling Department, salah satunya yang diadakan tahun ajaran ini adalah Online University Fair (OUF).

BACA JUGA: Sekolah Teuku Nyak Arif Fatih Gelar EduFair 2020, Memperkenalkan Beragam Universitas kepada Siswa

Menurut Muhammad Iqbal, Career Counselor for Middle and High School level, OUF merupakan kegiatan nasional di mana universitas dari dalam dan luar negeri berkumpul dan memberikan pemaparan tentang institusi atau negara mereka terkait kesempatan untuk berkuliah di sana.

Acara ini terbuka untuk umum, mulai dari para siswa SMP dan SMA, mahasiswa, orang tua, guru sampai dengan masyarakat umum lainnya.

BACA JUGA: Pengakuan Panitia Acara di Rumah Rizieq Shihab

"Program yang diadakan secara daring ini tidak dipungut biaya apa pun karena ini sebagai salah satu bentuk kontribusi Fatih Bilingual School dalam membangun kesadaran akan pentingnya merancang masa depan dan mendapatkan info yang tepat dan akurat terkait pendidikan tinggi yang akan berpengaruh pada karir yang akan dipilih," beber Iqbal dalam siaran persnya, Rabu (18/11).

Kegiatan OUF berbeda dari kegiatan-kegiatan serupa lainnya. Acara ini dilakukan selama satu minggu dari 23-28 November 2020 di mana para peserta mempunyai kesempatan lebih untuk berinteraksi langsung dengan berbagai perwakilan universitas.

Dari total 12 sesi OUF menghadirkan 60 institusi dari 4 rumpun yang berbeda, yaitu Perguruan Tinggi Negeri, Perguruan Tinggi Swasta, kampus di luar negeri Asia, Australia, Eropa, dan lainnya, dan Sekolah Kedinasan.

"Dengan menggunakan sistem daring acara OUF diharapkan akan dihadiri oleh peserta dari seluruh provinsi di Indonesia," ujarnya.

Sekalipun acara dilakukan selama satu minggu, Fatih Bilingual School tidak bisa mengakomodir seluruh institusi yang ingin terlibat dan bekerja sama, sehingga kedepannya acara serupa dengan fokus yang berbeda akan direncanakan kembali.

Selain itu, dalam kegiatan OUF kali ini juga menghadirkan webinar nasional yang diisi oleh para akademisi dan praktisi yang mumpuni.

Salah satu webinar nasional yang diadakan pada Sabtu, 23 November 2020 dengan tema Carve Your Own Path - How to choose your degree and career? akan menghadirkan 3 pembicara muda berprestasi yaitu Ferro Ferizka Aryananda, Aristyo Rizka Darmawan, Amanah Ramadiah.

Selain itu peserta juga dapat berinteraksi langsung dengan para mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di berbagai universitas dan belajar dari perspektif mereka bagaimana meniti jalan pendidikan dan karier.

Di antara pembicara tersebut adalah Ilham Darni, mahasiswa KAIST, Korea Selatan yang mendapatkan beasiswa penuh.

Kemudian, Rafkha Gibrani, International Relations and Development, University of Sussex, dan masih banyak lagi.

Lebih lanjut dikatakan, para peserta akan mendapatkan kesempatan memenangkan berbagai hadiah menarik setiap harinya lewat doorprize yang akan diundi di akhir acara.

Selain itu para peserta juga ditantang untuk mengikuti Lomba Menulis Esai Online University Fair berhadiah menarik, dimana mereka diminta menulis esai maksimal 500 kata dengan tema Merangkai Jalan Pendidikan dan Karir Masa Depan lewat Online University Fair.

Untuk mengikuti program OUF sangatlah mudah, para peserta hanya perlu mengisi formulir pendaftaran di laman Fatih Bilingual School.

Kemudian secara otomatis mereka mendapatkan notifikasi yang dikirim ke email masing-masing.

Nurhadi Hafman, Director of Schools menambahkan, acara OUF akan menghadirkan 2 sesi setiap harinya.

Di setiap sesi akan ada 6 universitas berbeda di mana para peserta diberikan kebebasan untuk memilih.

Dikarenakan kuota yang dibatasi untuk setiap universitas, maka peserta yang mengisi form tersebut akan mendapatkan prioritas.

"Progam OUF adalah awal dari kontribusi Fatih Bilingual School untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya bimbingan sejak dini terkait pendidikan tinggi dan karir, khususnya di wilayah Aceh. Semoga ke depannya setiap sekolah, orang tua dan siswa dapat mendedikasikan waktu dan tenaganya secara khusus untuk hal ini," pungkasnya. (esy/jpnn)


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler