Siswa Fatih Bilingual School Mempersembahkan Emas Pertama Aceh dari KSN 2020 IPA SMP

Sabtu, 07 November 2020 – 10:52 WIB
Siswa Fatih Bilingual School terus menorehkan prestasi. Foto: Humas FBS

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 898 pelajar SD dan SMP dari seluruh pelosok tanah air mengikuti ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN).

Kompetisi yang digelar 2-3 November 2020 itu untuk kali pertamanya diselenggarakan secara daring melalui aplikasi berbasis web.

BACA JUGA: Inilah Daftar Nama Siswa SMA Semesta Peraih Medali KSN 2020

Siswa-siswi Provinsi Daerah Istimewa Aceh juga mengikuti seluruh proses seleksi yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidkan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dari mulai tingkat kabupaten/provinsi sampai nasional dengan sangat antusias.

Dari 612 siswa SMP di 32 provinsi yang berlaga di tingkat nasional, salah satu siswa Fatih Bilingual School, M. Arif Khalfani Ismail.

BACA JUGA: 3 Siswa Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School Berprestasi di KSN 2020

Dia berhasil mempersembahkan medali emas dalam kategori IPA. Ini merupakan medali emas pertama yang pernah diterima Kota Banda Aceh maupun Provinsi Aceh dalam ajang KSN IPA tingkat SMP.

Alfa, panggilan M. Arif Khalfani, berhasil mematahkan segala rintangan terutama dikarenakan kondisi di masa pandemi ini.

BACA JUGA: Kemendikbud: Pemenang KSN SMA 2020 jadi Wakil Indonesia di Olimpiade Sains Internasional

Dengan penuh semangat Alfa berhasil mempelajari berbagai materi-materi rumit KSN SMP dengan cara mengikuti berbagai pembinaan di sekolah maupun di luar sekolah secara daring.

Perjalanan Alfa sebagai salah satu siswa olimpiade di SMP Fatih Bilingual School sudah dimulai ketika dia kelas 7.

Tekad dan keseriusannya ditambah dengan bimbingan dan dukungan dari orang tua maupun sekolah berhasil mengantarkannya kepada prestasi yang luar biasa di kelas 9 saat ini.

Fatih Bilingual School (FBS) sendiri yang berada di kota Banda Aceh sudah berdiri sejak 2005, pascatsunami yang melanda Serambi Mekah.

Sekolah ini sangat memerhatikan pembinaan bagi para siswanya terutama dalam bidang olimpiade.

Menurut Koordinator Olimpiade SMP FBS Anka Putra Utama, siswa dipersiapkan sejak mulai bersekolah di FBS dengan cara diberikan kebebasan memilih klub yang mereka minati. Di mana salah satunya adalah klub olimpiade.

"Klub ini tidak hanya dilihat sebagai kegiatan ekstrakurikuler biasa, tetapi digarap dengan serius termasuk kurikulum dan sistem pembinaannya dipersiapkan dengan matang," kata Anka dalam pernyataan resminya, Sabtu (7/11).

Bahkan di masa pandemi ini, lanjutnya, Fatih Bilingual School dengan cepat beradaptasi semenjak program belajar dari rumah diberlakukan dengan melakukan pendidikan dan berbagai pembinaannya secara online.

Sementara Direktur FBS Nurhadi Hafman berharap capaian di KSN SMP ini bisa memacu semangat para siswa lainnya bahwa di tengah keterbatasan akibat pandemi COVID-19, semangat berprestasi tidak boleh surut.

"Kami berharap prestasi ini dapat menjadi inspirasi bagi para siswa di mana pun terutama di wilayah Aceh," tandas Nurhadi Hafman. (esy/jpnn)


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler