FCB Siapkan Formasi Baru untuk Fabregas

Kamis, 20 Mei 2010 – 11:19 WIB
CESC Fabregas memiliki banyak alasan untuk meninggalkan Arsenal menuju BarcelonaMulai keinginan mencicipi trofi bergengsi sampai reuni dengan klub masa juniornya

BACA JUGA: Bintang NBA Sudah Punya Cincin Juara

Namun, yang menjadi pertanyaan, apakah Fabregas bakal meraih sukses bersama Barcelona?

El Barca -sebutan Barcelona- dikenal sebagai tim yang sudah settle baik dari gaya permainan maupun formasi
Untuk style bermain, Fabregas hampir pasti tidak akan kesulitan beradaptasi

BACA JUGA: Hindari Kekalahan Telak

Arsenal, seperti halnya Barca, merupakan tim yang banyak mengandalkan penguasaan bola
Belum lagi beberapa penggawa Barca merupakan rekannya di timnas Spanyol.

Lalu, bagaimana dengan formasi? Bukankah Barca sudah memiliki pemain berkarakter playmaker seperti Xavi Hernandez? Sebab, di timnas Spanyol, pelatih kerap kesulitan mengombinasikan Fabregas dan Xavi sebagaimana kasus Frank Lampard dan Steven Gerrard di timnas Inggris.

"Saya pikir tidak akan ada masalah di tubuh tim kami dengan kehadiran Fabregas

BACA JUGA: Terinspirasi Kemenangan Europa League

Justru menjadi tantangan bagi pelatih (pelatih Barca Pep Guardiola, Red) menerapkan skema baru dengan sumber daya pemain yang ada," kata Txixi Begiristain, direktur teknik Barca, seperti dilansir The Sun.

Seandainya Fabregas bergabung dengan Barca, skema 4-3-3 mungkin akan ditinggalkanGantinya, Barca akan menerapkan skema 4-2-3-1Skema itu sukses dijajal Guardiola di laga pemungkas Liga Primera kontra Real Valladolid (16/5)Dalam laga tersebut, Barca bermain dengan dua holding midfielder, Yaya Toure dan Sergio BusquetsBiasanya, hanya salah satu di antara mereka yang dimainkan sebagai starter.

Di depan Toure dan Busquets, Lionel Messi dan Seydou Keita bermain lebih melebar dengan Pedro Rodriguez di tengahPedro berada di belakang Bojan Krkic yang diposisikan sebagai lone strikerHasil dari eksperimen itu, Barca menang 4-0 dan memastikan gelar liga kali kedua beruntun.

Nah, apabila Fabregas bergabung (plus David Villa), skema 4-2-3-1 merupakan yang paling cocokFabregas akan bermain sebagai second striker di belakang target man VillaSkema itu sudah biasa diperankan Fabregas dan Villa beberapa tahun terakhirSkema itu pula yang kerap dipakai di timnas(dns/c10/bas)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Raih Treble ? Untung Rp.1,1 Triliun


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler