Fergie: Berba Silakan Pergi

Jumat, 16 Maret 2012 – 09:56 WIB

MANCHESTER - Lampu hijau telah diberikan manajer Manchester United Sir Alex Ferguson kepada Dimitar Berbatov. Striker asal Bulgaria tersebut dipersilakan pergi pada akhir musim nanti. Penyebabnya, United tidak bisa memberi jaminan skuad inti kepadanya.
   
Musim ini, pemain yang disapa Berba itu hanya lima kali bermain sebagai starter dan lima kali sebagai pengganti serta menyarangkan tujuh gol di Premier League. Dia kalah bersaing dengan Danny Welbeck dan Javier Hernandez untuk menemani Wayne Rooney di lini depan.
   
Pada usianya yang sudah 31 tahun, Berba tampaknya bosan hanya menjadi penghangat bangku cadangan United. Padahal, dia masih berada pada performa terbaiknya. Musim lalu, dia menjadi top scorer Premier League dengan 20 gol bersama Carlos Tevez.
   
"Dia menginginkan skuad inti. Pada usia 31 tahun, dia masih berambisi mendapatkan skuad utama. Sulit bagi saya menggaransinya. Jadi, saya pikir dia harus mencarinya di tempat yang lain," bilang Ferguson, seperti dikutip Soccernet.
   
Hanya, United tidak ingin melepas Berba begitu saja. Kontrak Berba harusnya habis pada akhir musim ini, tetapi United mengajukan perpanjangan satu musim lalu supaya mereka tidak kehilangan sang pemain tanpa uang transfer sepeserpun.
   
United melakukannya karena mereka membeli Berba dengan harga tinggi pada 2008 lalu. Dia digaet dari Tottenham Hotspur seharga 30,75 juta euro atau setara Rp 441,8 miliar. Selama membela United, dia bermain 147 laga dan mencetak 56 gol.
   
"Memang mengecewakan baginya, dengan kemampuan seperti itu dan usianya, dia tidak bisa bermain di tim utama secara reguler. Kami masih akan lihat perkembangannya hingga akhir musim nanti," bilang tactician asal Skotlandia itu.
   
"Kami juga akan mencoba beberapa opsi pada kontraknya. Kami sudah melakukan pembicaraan dengannya. Dia mengerti dengan keinginan kami dan kami juga mengerti dengan ambisinya mendapatkan kesempatan bermain di tim utama," kata Fergie, sapaan Ferguson.
   
Kalau kontrak Berba diperpanjang setahun lagi, maka diperkirakan harganya hanya berada di kisaran 5 juta pounds atau setara Rp 71,8 miliar. Itu harga yang murah untuk striker sekelas Berba. Makanya, banyak yang berminat.
   
Sebelumnya, mantan klubnya Bayer Leverkusen sempat menyatakan minat. Tetapi, gagal terrealisasi pada Januari lalu. Kini, peminat Berba semakin bertambah. Ada tiga klub Liga Primera Spanyol, yakni Valencia, Malaga, dan Sevilla, yang kepincut.
   
Berba pernah bermain di Bundesliga dan Premier League, sepertinya Liga Primera bisa menjadi pelabuhan berikutnya. Belum ada tanggapan resmi dari kubu Berba. Hanya, sebelumnya dia pernah mengeluhkan posisinya sebagai cadangan di United.
   
"Saya selalu siap bermain. Masalahnya, kesempatan itu tidak datang juga. Setiap kali saya bermain bagus, saya berharap kembali bermain pada laga berikutnya. Tetapi, itu tidak pernah terjadi. Itu menyakitkan," bilang Berba. (ham)
BACA ARTIKEL LAINNYA... AFC Pasti Tak Hadir


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler