Ferrari Fokus Gelar, Bukan Cari Pembalap

Jumat, 23 Agustus 2013 – 09:12 WIB

SPA-FRANCORCHAMPS - Dua hal besar harus dihadapi Ferrari di paro kedua Formula 1 musim 2013. Di satu sisi, mereka harus tetap mencurahkan konsentrasinya untuk mengembangkan mobil menuju gelar juara kategori pembalap yang sudah sejak 2007 tak mereka miliki. Sementara, Ferrari juga diburu waktu untuk segera menentukan skuad pembalapnya jelang musim 2014.
    
Ferrari memang harus segera mengikat pembalap untuk musim 2014. Silly season alias gosip seputar perpindahan pembalap menyebutkan Fernando Alonso sedang dilirik kubu Red Bull-Renault untuk menggantikan Mark Webber yang memilih pensiun. Sementara, pembalap Ferrari lainnya Felipe Massa kontraknya cuma sampai akhir tahun ini.

Berbagai media di Eropa sudah rajin menurunkan laporan mengenai besarnya peluang Ferrari kembali merekrut Kimi Raikkonen. Di pihak lain, kontrak Raikkonen bersama Lotus juga cuma sampai akhir musim ini.

BACA JUGA: Menuju Unrealistic Transfer

Namun dengan persaingan yang masih sengit di musim ini, Ferrari menegaskan kalau fokus mereka adalah memenangi gelar juara dunia. Bukan direpotkan dengan gosip soal pencarian pembalap baru.

"Kami sudah mengatakan berulang kali sebelumnya, pembahasan soal pembalap bukanlah prioritas kami," ujar Stefano Domenicali, team principal Ferrari.

BACA JUGA: Mental di Atas Lawan

Domenicali tak membantah pihaknya mengadakan pembicaraan dengan kubu Raikkonen. Sementara Manajer Raikkonen, Steve Robertson, juga mengakui hal itu. Sama dengan yang dilakukannya pada tim lain yang punya kemungkinan kursi lowong.

Tapi, lagi-lagi Domenicali tak mau terpancing. Secara diplomatis dia menegaskan lebih baik memaksimalkan potensi yang mereka miliki.

BACA JUGA: PSSI Siap Dipanggil AFC

"Apa yang jadi pemikiran kami adalah memberi mereka (Alonso dan Massa) kesempatan terbaik untuk finis di depan pembalap lain, dan demi mewujudkan target tersebut setiap dari kami harus melakukan yang terbaik di semua level. Jika mereka punya mobil juara, maka saya yakin mereka tahu apa yang harus dilakukan dengan mobil itu," lanjut Domenicali di Autosport.

Peluang Alonso untuk meraih posisi puncak masih besar. Alonso saat ini masih duduk di posisi tiga klasemen pembalap, terpaut 39 poin dari Vettel di posisi teratas dan tertinggal satu poin dari Raikkonen. Dengan sisa sembilan balapan, masih ada 225 poin maksimal yang tersedia.

Sebelumnya, kualitas Alonso dan pengembangan Ferrari selama masa jeda diuji di Grand Prix Republik Ceko di Brno, akhir pekan ini. Di sirkuit tersebut, Alonso belum sekali pun menang. Tapi, Massa sudah pernah menang pada 2008.

"Spa merupakan sirkuit yang menyediakan tantangan besar bagi pembalap dan tim. Seperti Monaco dan Monza serta sirkuit hebat lainnya, punya reputasi besar. Jadi, kemenangan di sini sangat bernilai. Harapan kami bisa termasuk dalam salah satunya, meski pada akhirnya tetap 25 poin seperti di sirkuit lain," tutur Alonso pada situs resmi F1.

Sementara Massa punya misi tambahan. Kesempatan di Spa dan seluruh sisa musim jadi ajang untuk meyakinkan manajemen tim bahwa dirinya masih layak dipercaya.

"Tiap pembalap ingin menang di Spa. Saya suka sirkuitnya dan saya berharap mendapatkan kemenangan lagi dalam karir saya. Ini berarti besar karena faktor sejarahnya," tutur Massa.(ady)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hari ini Bale Jadi Pemain Real


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler