Ferrari Pas Pakai Pirelli

Senin, 22 November 2010 – 20:43 WIB
ABU DHABI - Ferrari menunjukkan kecocokan dengan ban PirelliHasil uji coba di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi selama dua hari menunjukkan Felipe Massa dan Fernando Alonso tak mengalami kesulitan dengan pemasok ban tunggal di musim 2011 itu.

Jika Massa mendominasi latihan di hari pertama, Jumat (19/11), di hari berikutnya giliran Alonso yang mendominasi

BACA JUGA: Bayern Semakin Menjauh dari Puncak

Uji coba tersebut kesempatan pertama bagi seluruh 12 tim yang berlaga tahun depan dengan ban Pirelli
Selain mencatatkan waktu terbaik, Alonso juga melahap lap paling banyak di tes terakhir, yang berlangsung siang waktu setempat.

"Secara keseluruhan, saya gembira dengan yang ditunjukkan ban-ban ini

BACA JUGA: Sinyal Merah bagi Benitez

Ban-ban itu tak terlalu berbeda dengan pabrikan sebelumnya (Bridgestone)
Jadi, saya kira akan terjadi transisi yang halus tanpa terjadi drama (pergantian) ban," ujar Alonso pada Autosport.

Pembalap Spanyol itu melahap 105 lap di sesi terakhir uji coba

BACA JUGA: Kebahagiaan El Loco dan Irfan Bachdim

Dia merasa Ferrari tak perlu melakukan banyak perubahan untuk mendapatkan kecocokan dengan karakter ban PirelliJuara dunia dua kali itu tak merasakan kesulitan untuk mencoba-coba beberapa setting untuk mendapatkan hasil terbaik di sesi tersebutHasilnya, Alonso menciptakan waktu terbaik 1 menit 40,529 detik atau terpaut 1,135 detik dari waktu pole position Sebastian Vettel pekan lalu.

"Bagi kami, ini bukan perubahan besarAda beberapa setting mobil yang mampu mengakomodasi kemampuan ban dan mencoba memahami dua tipe ban yang dibawa PirelliSemua baik-baik saja," jelas Alonso.

Pembalap tim Mercedes GP Michael Schumacher menempati posisi kedua catatan waktu terbaikSchumacher tertinggal 0,156 detikTapi, catatan tersebut sudah cukup membuatnya unggul dari Vettel yang baru saja memberi gelar juara dunia untuk Red Bull-Renault.

Di bawah Vettel ada pembalap Williams, Rubens Barrichello dan pembalap Renault Robert KubicaNamun, Kubica menolak jika hasil tes pertama Pirelli tersebut sebagai gambaran dari persaingan untuk musim 2011Baginya, tes itu hanya sebagai pengumpulan data awal bagi tiap tim untuk melangkah lebih lanjut dalam peningkatan performa mobil.

"Sama seperti ketika kita beralih dari Michelin ke BridgestoneAnda harus beradaptasi dengan setting mobil dan mendapat ide tentang karakter banAnda tak perlu terlalu fokus pada setting, mengingat faktanya saya kira ban akan banyak berubah saat musim dimulai," tutur Kubica.

Pembalap Polandia itu menambahkan karakter mobil juga berpotensi berbeda jika dikaitnkan dengan regulasi tahun depanSelain itu, dia juga menuding karakter sirkuit Yas Marina yang sudah tak sama dengan hari balapan pekan laluDi sesi uji coba, sirkuit sudah dipenuhi bekas karet ban sisa balapan serta uji coba para pembalap muda beberapa hari sebelumnya.

"Tetap saja ini terlalu awal untuk memberikan penilaianTak ada alas an berangkat terlalu awal menuju keseimbangan atau setting dengan mobil tahun depan serta mungkin dengan kondisi lintasan yang jauh berbeda(Uji coba) ini hanya untuk mendapatkan ide awal mengenai ban baru," terang Kubica(ady)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ronaldo-Messi Penentu El Clasico


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler