Festival Film Bulanan Gelar Road to Awarding Night di Lombok

Jumat, 01 Desember 2023 – 19:43 WIB
Festival Film Bulanan 2023 menggelar Road to Awarding Night di sepuluh kota, salah satunya di Lombok, NTB. Foto: Fesbul 2023.

jpnn.com - LOMBOK - Festival Film Bulanan (Fesbul) 2023 menggelar Road to Awarding Night, yaitu pemutaran 20 film terpilih Fesbul 2023 di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Film terpilih merupakan nomine pada Malam Anugerah Festival Film Bulanan 2023.

BACA JUGA: Film Dokumenter Asal Ambon dan Masohi Terpilih dalam Festival Film Bulanan Lokus 9

Acara digelar dengan dukungan penuh dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Road to Awarding Night Fesbul 2023 juga digelar di 10 titik Bioskop XXI di seluruh Indonesia yang dilaksanakan pada 24-30 November.

BACA JUGA: Sandiaga Uno Ajak Sineas di Sulawesi Ikuti Festival Film Bulanan 2023

Daerah yang menjadi titik pemutaran film tersebut yakni, Yogyakarta, Bandung, Jakarta, Jambi, Padang, Pontianak, Makassar, Ambon, Jayapura dan Lombok.

Dua film pendek terpilih di Lokus 4 (Bali, NTB, dan NTT) yaitu film fiksi ‘Pepadu’, karya Rumah Produksi Ruang Tengah Creative.

BACA JUGA: Pesta Rakyat Bakal Meramaikan KTT ASEAN di Labuan Bajo

Kemudian, film dokumenter ‘Salium: Song of The Rustling Leaves’ karya Rumah Produksi Project Multatuli & Atmakanta Studio, diputar di Bioskop XXI Lombok Epicentrum Mall (LEM), Kota Mataram, pada Sabtu, 25 November 2023.

Sutradara Film ‘Pepadu’ Ming Muslimin mengatakan Festival Film Bulanan memberi peluang film lebih dikenal.

Dia bersyukur Pepadu bisa menjadi salah satu film terpilih Fesbul 2023.

"Kalau bagi filmmaker, itu jadi peluang untuk film dikenal oleh penonton. Jadi kami bikin film bukan cuma disimpan di laci dan ditonton komunitas saja," ujar Ming Muslimin dalam keterangannya dipublikasikan Jumat (1/12).

Ming mengatakan para filmmaker punya keresahan, punya nilai moral, pesan yang ingin disampaikan.

"Supaya yang ingin kami sampaikan bisa ditonton dan ditanggapi lebih banyak orang, salah satunya lewat festival, kami bersyukur banget,” ucapnya.

Perwakilan komunitas film Lombok, Irfan Rahaswin Sholi mengapresiasi Fesbul dan pemutaran film dalam rangka Road to Awarding Night.

Menurutnya, sudah lama daerah tidak mendapatkan tempat untuk film independen atau film-film yang mengangkat isu-isu kedaerahan atau kearifan lokal.

“Saya sangat tertarik dengan konsep yang ditawarkan oleh Festival Film Bulanan. Tidak mengikuti kebanyakan festival film, karena festival ini fokusnya mempertemukan penonton bukan, kompetisi," katanya.

Irfan juga mengapresiasi film ‘Pepadu’.

“Sangat menarik dari sisi sinematografi, penceritaan atau storytelling sangat baik. Dialog Lombok yang tidak kaku. Ada film yang berani menggunakan bahasa daerah, dan enak didengar dan tidak begitu kaku,” katanya.

Selain pemutaran dua film terpilih Festival Film Bulanan, juga diadakan diskusi bersama sutradara film ‘Pepadu’, Ming Muslimin dan perwakilan komunitas film Lombok, Irfan Rahaswin Sholi yang dipandu oleh moderator Aliurridha Al-Habsyi.

Penonton juga mendapatkan giveaway dan kesempatan untuk tanya jawab dengan sutradara film dan pegiat film Lombok.

Fesbul ingin mengajak seluruh sineas di daerah agar menjadikan film pendek sebagai gerakan untuk menghidupkan ekosistem ekonomi kreatif di daerah masing masing.

Ming juga menyampaikan harapan agar komunitas film lokal dapat dilirik oleh pemerintah daerah menjadi lokomotif bagi pertumbuhan ekonomi kreatif.

“Penggerak lokomotifnya lebih baik gandeng anak-anak film ini, mereka mempromosikan UMKM. Kan ada banyak medium yang bisa digunakan lewat filmnya dari marchandise, logo, iklan, dan banyak banget yang bisa jadi publikasi,” ucapnya.

Pemutaran Film Terpilih Fesbul 2023 di Kota Lombok ini dilengkapi diskusi yang intens dari penonton, saling berjejaring dan ditutup dengan foto bersama.(gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 550 Delegasi Akan Hadiri KTT Asean Summit 2023 di Labuan Bajo, BPOLBF Ajak Masyarakat Lakukan Ini


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler