Festival Seni Budaya Betawi Gorontalo, Fadel Muhammad: Wujud dari Empat Pilar MPR

Minggu, 09 Oktober 2022 – 22:17 WIB
Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad hadir dalam Festival Seni Budaya Betawi Gorontalo Ke-2 dan Gebyar Pariwisata 2022 di Taman Komplek DDN I Kelurahan Pondok Labu, Jakarta Selatan, Minggu (9/10). Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA SELATAN - Wakil Ketua MPR Prof Fadel Muhammad berharap Festival Seni Budaya Betawi Gorontalo merupakan perwujudan dari Empat Pilar MPR.

Dia menyebutkan Empat Pilar MPR tersebut, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

BACA JUGA: Fadel Muhammad Ajak Sikapi Perbedaan Pilihan Politik dengan Kedewasaan Bukan Keributan

"Festival Seni Budaya Betawi  Gorontalo implementasi dari pilar yang keempat, yaitu Bhinneka Tunggal Ika," kata Fadel Muhammad di sela-sela Festival Seni Budaya Betawi Gorontalo Ke-2 dan Gebyar Pariwisata 2022 di Taman Komplek DDN I Kelurahan Pondok Labu, Jakarta Selatan, Minggu (9/10).

Fadel juga menyampaikan Festival Seni Budaya Betawi Gorontalo ini adalah bagian dari semangat pembentukan budaya dan kebangsaan Indonesia.

BACA JUGA: Buka Festival FIFA Grassroots Gorontalo 2022, Menpora Amali Puji Talenta Muda Daerah

Melalui festival ini, Fadel Muhammad menyebutkan ada tiga sasaran yang ingin dicapai.

Pertama, adanya kemiripan dan persamaan antara budaya Betawi dan Gorontalo.

“Keduanya memiliki akar budaya yang sama, yaitu budaya Melayu,” ujar mantan Gubernur Gorontalo selama dua periode tersebut.

Kedua, kata Fadel Muhammad, festival ini juga mempromosikan hubungan silaturahmi dan kekeluargaan antara warga Betawi dan Gorontalo.

Ketiga, festival ini juga ingin mempromosikan seni budaya Gorontalo di Jakarta.

“Kami berharap festival ini berdampak positif, bisa mendorong wisatawan datang ke Gorontalo. Festival Seni Budaya Betawi dan Gorontalo ini mendapat respons yang baik dari masyarakat,” ujarnya.

Fadel berharap Festival Seni Budaya Betawi Gorontalo ini bisa mempererat hubungan silaturahmi dan budaya antara warga Betawi dan Gorontalo.

“Karena ternyata, kedua budaya ini (Betawi dan Gorontalo) mempunyai akar yang sama, yaitu akar Melayu, sehingga banyak kesamaan antara Betawi dan Gorontalo,” terangnya.

Festival Seni Budaya Betawi dan Gorontalo ini merupakan kerjasama Lamahu, yaitu paguyuban masyarakat Gorontalo dengan Pemda DKI Jakarta.

Festival Seni Budaya Betawi dan Gorontalo Ke-2 ini diadakan di lima lokasi di Jakarta.

Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi Gorontalo.

“Kami mendapat respons yang sangat positif dari masyarakat sehingga kami berharap festival ini terus berlanjut pada tahun-tahun mendatang,” harap Fadel Muhammad yang juga Ketua Umum Lamahu.

Festival Seni Budaya Betawi dan Gorontalo dibuka Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Beliau menitipkan pesan agar Festival Seni Budaya Betawi dan Gorontalo dan Gebyar Pariwisata ini harus berkelanjutan,” kata Fadel.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut Fadel Muhammad sebagai tokoh bangsa yang aktif merajut persatuan, kesatuan, kebersamaan dan kebhinnekaan tunggal ika.

“Saya mengapresiasi Festival Seni Budaya Betawi dan Gorontalo Ke-2 ini. Ini merupakan bukti nyata komitmen dan semangat keluarga besar Lahamu yang terus menghadirkan budaya Gorontalo di Jakarta,” kata Wagub Riza Patria yang menghadiri festival tersebut.

Ahmad Riza Patria menambahkan kehadiran warga Gorontalo di DKI Jakarta memberikan warna tersendiri dan memperkaya budaya Betawi.

"Saya sangat senang warga Gorontalo memperkaya budaya Betawi. Inilah wujud kebhinnekaan kita. Perbedaan dan keragaman sesungguhnya dalah kekuaan kita sebagai bangsa,” ujarnya.

Hadir juga dalam Festival Seni dan Budaya Betawi Gorontalo Ke-2, di antaranya tokoh masyarakat Gorontalo Zen Badjeber, Sekretaris Jenderal Lamahu Syaifullah Ngiu, Ketua Panitia Festival Seni dan Budaya Betawi Gorontalo Hana Hasanah, serta sejumlah pejabat di lingkugan Pemprov DKI Jakarta. (mrk/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler