FIBA Women's Asia Cup 2021: Timnas Basket Putri Indonesia Harus Akui Keunggulan Yordania

Selasa, 09 November 2021 – 10:42 WIB
Kadek Pratita Citta Dewi saat bertanding melawan Yordania pada laga kedua FIBA Women's Asia Cup 2021 di Prince Hamza, Amman, Selasa (9/11) dini hari WIB. Foto: FIBA

jpnn.com, AMMAN - Timnas basket putri Indonesia menelan kekalahan dari Yordania di partai kedua FIBA Women's Asia Cup 2021 Grup B Divisi B.

Bertanding di Prince Hamza, Amman, Selasa (9/11) dini hari WIB, Gabriel Sophia dan kolega kalah dengan skor 64-76 dari Yordania.

BACA JUGA: FIBA Womens Asia Cup 2021: Tampil Gahar, Timnas Basket Putri Indonesia Tekuk Kazakhstan

Menurunkan para pemain terbaiknya, seperti Agustin Gradita, Kadek Pratita Citta Dewi, Mega Nanda Perdana Putri, Gabriel Sophia dan Kim Pierre-Louis sejak menit awal, Indonesia sempat unggul 27-23 du kuarter pertama.

Sayang, setelah itu performa anak asuh Chi-Wen Lin sedikit menurun dan terkesan bermain terburu-buru.

BACA JUGA: Timnas Bola Basket Putri Optimistis Raih Hasil Maksimal di FIBA Womens Asia Cup 2021

Alur serangan mereka terhambat dan tidak memiliki opsi ketika Kim Pierre-Louis mendapat pengawalan ketat dari para pemain Yordania.

Pada laga ini, Yordania mengandalkan Natasha Emily Cloud yang merupakan pemain naturalisasi dari Washington Mystics.

BACA JUGA: Jelang FIBA World Cup 2023, Timnas Basket Indonesia Gelar Empat Uji Coba di Amerika Serikat

Kolaborasi Cloud dengan Marya Al Hinn terlihat tidak bisa dihentikan oleh para srikandi basket Indonesia.

Hasilnya, Indonesia selalu tertinggal di tiga kuarter berikutnya hingga menyerah 64-76 dari Yordania.

Seusai pertandingan, pelatih Chi-Wen Lin tetap bangga dengan anak asuhannya. Dia menilai kekalahan dari Yordania membuat Indonesia mendapat banyak pelajaran berharga.

"Selamat untuk Yordania, mereka bermain dengan baik dan kami belajar banyak, tetapi saya bangga dengan tim ini karena mereka melakukan pekerjaan dengan bagus dan sangat berenergi."

“Pertama-tama kami sangat baik dalam menyerang dan bertahan. Kami memiliki sedikit masalah dengan foul trouble seorang Gabriel Sophia. Kami harus lebih improve ke depannya," ungkap Chi-Wen Lin dalam laman resmi FIBA.

Senada seperti pelatih, pencetak poin terbanyak bagi Indonesia Kadek Pratita Citta Dewi mengaku mendapat banyak pelajaran dari kekalahan ini. Dirinya dan rekan-rekannya berjanji akan lebih gigih lagi dalam bertahan.

"Benar kata pelatih, kami semua harus memperbaiki lagi pertahanan kami. Tetap dukung perjuangan kami di sini," ungkap Kadek Pratita Citta Dewi.

Kadek Pratita Citta Dewi di laga tadi mampu menjadi pendulang poin Indonesia berkat torehan 17 angka. Pemain asal klub Surabaya Fever itu memiliki persentase tembakan tiga angka mencapai 42%.

Kim Pierre-Louis menjadi penyumbang poin terbanyak kedua Indonesia berkat sumbangsih 13 angka, 9 rebound serta 3 assist di laga ini.

Dari kubu Yordania, duet Cloud dan Marya Al Hinn sama-sama menciptakan 19 poin untuk membawa anak asuhan Faisal Ali Yousef Ensour menang dari tim Merah Putih.

Indonesia masih menunggu hasil Yordania melawan Kazakhstan untuk memastikan langkah ke babak berikutnya.

Jika Yordania menang lagi, Indonesia akan finis sebagai runner-up Grup B dan akan menghadapi peringkat ketiga Grup A, yakni Iran.

Laga tersebut rencananya bergulir pada Kamis (11/11) dini hari WIB.(fiba/mcr16/jpnn)


Redaktur : Dhiya Muhammad El-Labib
Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler