FIFA Belum Restui Maitimo Tampil

Selasa, 05 Februari 2013 – 14:42 WIB
JAKARTA - Persiapan Timnas Indonesia menghadapi Irak di laga perdana Kualifikasi Piala Asia 2015 kembali mengalami kendala. Salah satu pemain naturalisasi asal Belanda, Raphael Maitimo terancam tak bisa tampil dalam laga yang akan digelar di Stadion King Al Rasyid Dubai Uni Emirat Arab, Rabu (6/2).

PSSI tidak menjelaskan secara detail penyebab terhambatnya Maitimo tampil melawan Irak. Penanggung Jawab Timnas Bernhard Limbong menyatakan pihaknya masih menunggu klarifikasi FIFA apakah Maitimo bisa diturunkan atau tidak.

"Maitimo mungkin tidak bisa main, karena dia ada catatan kemarin main di Belanda. Sekarang kita perlu klarifikasi dari FIFA," kata Limbong di Kantor PSSI Senayan Jakarta, Selasa (5/2).

Beberapa waktu lalu Federasi Sepakbola Belanda, KNVB sudah menyurati PSSI bahwa Raphael Maitimo belum pernah bermain untuk Timnas Senior Belanda. Hanya saja, dalam surat tersebut Maitimo dijelaskan pernah membela Timnas U-16 Belanda.

"Surat-surat Maitimo sih sudah lengkap, tapi kita akan menunggu klarifikasi dari FIFA sampai jam 6 sore nanti (Waktu Yordania). Kalau belum ada klarifikasi dari FIFA terpaksa kita gigit jari lagi tidak bisa memainkan Maitimo," ungkapnya.

Di AFF Cup lalu, pelatih Nil Maizar menempatkan Maitimo di posisi bek kanan. Namun dalam ujicoba melawan Yordania 1 Februari lalu, Maitimo diplot sebagai gelandang bertahan.

Jika bisa dimainkan, Maitimo rencananya akan dipasang sebagai gelandang bertahan. Sementara posisi sebelumnya, yakni bek kanan akan diiisi Stevie Bonsapia.

"Saya dapat informasi dari Nil, posisi Maitimo akan diisi pemain lain. Kita kan membawa 23 pemain ke Dubai," ujar Limbong. (abu/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sriwijaya FC Percaya Diri Hadapi PSPS

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler