Final Four IFL Digelar 11-13 November

Jumat, 08 November 2013 – 22:07 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Ajang Indonesia Futsal League (IFL) memasuki babak akhir. Badan Futsal Nasional (BFN) kini memasuki babak Final Four atau empat besar untuk menentukan juara. Empat besar IFL itu akan dilaksanakan 11-13 November 2013 di Istora Senayan, Jakarta.

Ada empat tim yang akan tampil di Final Four, yaitu Electric Cosmo PLN Jakarta, Futsal Kota Bandung, MFA Pinky Boys Makassar, dan Tifosi Baskhara Surabaya.

BACA JUGA: Musim Depan, Persija Pakai 3 Pemain Asing

Keempat tim itu adalah yang terbaik dari empat seri yang telah diselenggarakan. Keempat seri itu adala Yogyakarta (17-21 Agustus), Bandung (6-8 September), Jakarta (17-19 September), dan Surabaya (2-5 Oktober).

Di babak ini, FKB akan bertemu peringkat ketiga, MFA. Sementara peringkat pertama Electric Cosmo PLN bertemu peringkat keempat, Tifosi Baskhara.

BACA JUGA: Dirugikan Wasit, Hera Desi Gagal ke Semifinal

Mengenai sistem pertandingan, panitia akan melasanakannya dalam sistem gugur dan masing-masing pertandingan dilaksanakan dua kali dalam hari yang berbeda.

Pemenang pertandingan adalah tim yang memiliki selisih gol lebih baik dalam dua pertandingan, tanpa melihat agresifitas gol. Jika agregat gol sama, maka pertandingan dilanjutkan pertambahan waktu dan adu penalti dengan menerapkan aturan FIFA Futsal Law of The Game Amandemen 2012/2013.

BACA JUGA: Kalah Fisik, Simon Santoso Tumbang

Selanjutnya, pemenang akan maju ke partai final. Pertandingan final yang didahului perebutan peringkat ketiga, dilakukan sekali dengan sistem knock out. Jika imbang dalam waktu normal, ada perpanjangan waktu dan adu penalti.

"Kepastian penyelenggaraan masih menunggu AFC," kata Ketua BFN, Yerico Umbas dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat (8/11).

Ia juga menjelaskan bahwa juara IFL akan mendapat hadiah uang tunai sebesar Rp80 juta ditambah trofi. Juara IFL direncanakan akan mewakili Indonesia di kejuaraan antar klub Asia 2014.

Untuk posisi runner-up berhak  mendapatkan Rp 40 juta ditambah trofi. Lalu untuk peringkat ketiga mendapat Rp30 juta plus trofi, dan peringkat keempat Rp20 juta plus trofi.

"Penyelenggara juga akan memberikan hadiah untuk pemain terbaik dan top skor. Uang senilai Rp5 juta akan diberikan kepada masing-masing pemain yang menyandang status tersebut," jelasnya.

Hal menarik dalam final four IFL ini adalah pemberian penghargaan kepada Ricky Jo. Pria yang juga seorang musisi itu juga dianggap berjasa dalam perkembangan futsal. (abu/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kans Ahsan Hendra Balaskan Dendam


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler