Foke Ajak Warga Jaga Kebersihan dan Kesehatan

Senin, 02 Januari 2012 – 01:46 WIB

MENGAWALI hari pertama tahun 2012, Gubernur DKI Fauzi Bowo mengajak warga ibu kota untuk menjaga kebersihan dan kesehatan. Pria yang akrab disapa Foke itu, berharap Jakarta tetap bersih. Dengan terciptanya lingkungan yang bersih, kesehatan juga bisa terjaga.

Hal tersebut diungkapkan pria berkumis tebal, saat melakukan bersih-bersih di Pantai Ancol, Jakarta Utara, Minggu (1/1). "Mari kita bersihkan Kota Jakarta sama-sama, bukan hanya di Ancol saja," ajak Foke kepada warga dari atas Menara Pengawas Pantai. "Dengan pola hidup yang bersih, kita akan semakin sehat," imbuhnya.

Dalam acara bersih-bersih yang mengambil tema Aksi Pantaiku Indah, Lets Be Clean and Green, Foke didampingi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, Walikota Jakarta Utara Bambang Sugiyono, Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk Budi Karya Sumadi, serta sineas muda Indonesia Mira Lesmana dan Riri Riza.

Menurut Foke, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mulai kemarin menertibkan seluruh Pantai yang ada di Indonesia. Agar bersih dan nyaman.  "Mari kita mulai program tersebut dari Pantai Ancol. Biar jadi bersih, sehat dan nyaman," pungkasnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu menambahkan, memupuk cinta kebersihan harus ditanamkan sejak masih anak-anak. Termasuk, cinta akan kebersihan pantai, agar jangan membuang sampah di laut. Para anak-anak perlu diajari dan dicontohkan membuang sampah di tempatnya.

"Kalau pantai bersih, kita bisa menikmati pantai dengan nyaman. Indonesia itu punya pantai yang sangat luas. Hal itu merupakan salah satu kekuatan kita untuk mengembangkan pariwisata, karena itu pantai harus dijaga," ujarnya.

Foke dan Mari Elka ikut turun langsung memunguti sampah yang ada di pantai. Keduanya menyusuri bibir pantai sepanjang sekitar 100 meter. Mengambil sampah seperti botol, kertas, bungkus nasi dan sebagainya. Sampah yang berserakan dimasukan ke dalam kantong plastik berwarna putih. Keduanya berbaur bersama relawan dan warga saat memunguti sampah.

Warga sangat antusias memunguti sampah. Maklum, mereka yang berhasil memunguti  sampah hingga 5 kg diganjar hadiah Rp 100 ribu, serta voucer sepeda. Sampah-sampah sebelum dibuang ditimbang terlebih dahulu.

"Saya sudah bisa mengumpulkan dua kantong plastik, lumayan dapat uang Rp 200 ribu," terang Rohadi, salah satu warga Jembatan Item, kemarin. (dai)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Pergantian Tahun Diwarnai Petir dan Angin


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler