Foke Lebih Diuntungkan Karena Sosok Nachrowi

Senin, 03 September 2012 – 03:48 WIB
JAKARTA - Figur calon wakil gubernur pada Pemilukada DKI dianggap berpengaruh dalam menentukan pasangan yang akan menjadi pemenang. Namun posisi Fauzi Bowo yang berpasangan dengan Nachrowi Ramli, akan lebih diuntungkan karena Jokowi berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama yang sering disebut bermasalah saat menjadi Bupati di Belitung Timur.

Pengamat politik dari Universitas Indonesia, Iberamsjah, mengungkapkan laporan atas berbagai kasus-kasus korupsi baik oleh Fauzi Bowo maupun Jokowi, akan berpengaruh pada tingkat keterpilihan pada putaran kedua yang digelar 20 September nanti. Terlepas dari benar ataupun tidak laporan dugaan korupsi itu, namun Iberamsjah meyakini  hal itu akan membuat para pemilih lebih banyak pertimbangan dalam menentukan pilihan.

“Saya tidak tahu apakah laporan-laporan  tuduhan kasus korupsi terhadap dua pasangan calon itu  benar adanya  atau hanya upaya saling menjatuhkan dari masing-masing pihak. Tapi pasangan  calon wakil gubernur dari masing-masing  calon  akan menentukan  juga siapa yang akan menang,” ujar Iberamsjah saat dihubungi wartawan, Minggu (2/9).

Menurutnya, dalam konteks itu pula maka masyarakat bisa menimbang calon wakil gubernur DKI, baik Nachrowi ataupun Basuki. ”Faktor Nachrowi  Ramli  dan Ahok (Basuki) akan menentukan pilihan masyarakat, apakah masyarakat lebih menginginkan  Nachrowi Ramli sebagai gubernur pengganti yang memimpin Jakarta jika tuduhan terhadap Foke (Fauzi) benar, atau masyarakat lebih memilih Ahok sebagai pengganti Jokowi jika tuduhan terhadapnya benar,” ulasnya.

Namun Iberamsjah menganggap posisi Foke lebih diuntungkan karena faktor Nachrowi.  Sebab, Jokowi memang dihantam dengan isu SARA karena berpasangan dengan Ahok. "Terlepas dari etis tidaknya isu SARA yang sempat dimunculkan, sedikit banyak akan  mempengaruhi sikap pemilih," ulasnya.(ara/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Jeblok Disurvei, Partai Berbasis Islam Pede

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler