Formasi CPNS 2014 Masih Didominasi Guru

Jumat, 13 Juni 2014 – 23:50 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Pencari kerja yang berasal dari kependidikan masih punya peluang besar untuk diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil tahun ini. Pasalnya, Formasi CPNS 2014 masih didominasi guru meski CPNS dari honorer kategori dua (K2) yang diangkat tahun anggaran 2013 dan 2014 terbanyak untuk formasi tenaga pendidik.

"Memang guru masih memakan jatah formasi terbanyak tahun ini. Karena daerah-daerah juga mintanya yang banyak itu," kata Karo Hukum, Komunikasi Informasi Publik (KIP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Herman Suryatman kepada media ini, Jumat (13/6).

BACA JUGA: Siapkan Insentif bagi 33 Inovator Layanan Publik

Selain guru, formasi terbanyak kedua adalah tenaga kesehatan, kemudian penyuluh, dan tenaga teknis lainnya. Untuk tenaga kesehatan, daerah-daerah pemekaran dan terisolir banyak membutuhkan dokter umum maupun spesialis.

"Kita masih terkendala di penyediaan tenaga dokter di daerah pemekaran dan terisolir. Lantaran lulusan dokter enggan mengabdi di daerah terpencil. Tawaran pemerintah dengan memberikan gaji serta insentif besar belum membuat para dokter mau mengabdi ke daerah terpencil," terang Herman.

BACA JUGA: Digugat Koruptor Rp 5 Miliar, KPK Belum Bersikap

Sedangkan untuk tenaga teknis, pemerintah berencana mengurangi pegawai administrasi. Dengan alasan, untuk administrasi tidak butuh pegawai baru tapi cukup dengan SDM yang ada.

"Kalau cuma tenaga administrasi, diambil dari PNS yang ada sudah cukup. Kalau keahlian khusus, pemerintah pasti akan memberikan formasinya," tandasnya. (esy/jpnn)

BACA JUGA: Tangkap Kesan Kuat Prabowo Dizalimi

BACA ARTIKEL LAINNYA... Moeldoko Kejar Pembocor Dokumen DKP soal Prabowo


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler