Formasi Guru CPNS 2019, Terbanyak untuk Sarjana PGSD

Minggu, 03 November 2019 – 00:37 WIB
Siswa SD di kelas. Foto: FITRIANI/ RADAR KALTARA/JPNN.com

jpnn.com, ACEH TAMIANG - Formasi guru pada penerimaan CPNS 2019 di Pemkab Aceh Tamiang, kuota terbanyak untuk sarjana PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) dan PGMI (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Aceh Tamiang Fauziati menyebut, guru Sekolah Dasar (SD) mendominasi penerimaan bagi total 182 kursi CPNS yang akan direkrut Pemkab tahun ini.

BACA JUGA: Honorer K2 Makin Tua, Tidak Ada Jalur Khusus CPNS 2019

"Untuk S1 PGSD dan PGMI paling banyak diterima 69 orang dari total 182 CPNS," terang Kepala BKPSDM Aceh Tamiang, Fauziati di Kualasimpang, Jumat (1/11).

Nantinya, 69 tamatan PGSD/PGMI tersebut berstatus sebagai guru kelas tingkat SD, dari formasi untuk tenaga pengajar yang dibuka tahun ini sebanyak 84 orang.

BACA JUGA: MenPAN-RB: Silakan Guru Honorer yang Ingin Melamar CPNS 2019

Sisanya 15 dari 84 orang itu di antaranya guru bukan SD untuk jurusan Bahasa Indonesia, dan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskes) masing-masing lima orang, Pendidikan Matematika empat orang, dan Pendidikan Agama Islam satu orang.

Disusul tenaga kesehatan total penerimaan 67 orang. Rinciannya apoteker 13 orang, dokter umum lima orang, dokter spesialis anestesiologi, dokter spesialis jantung, dokter spesialis jiwa, dokter spesialis kulit dan kelamin masing-masing satu orang.

BACA JUGA: Silakan Bandingkan Formasi CPNS 2019 dengan Jumlah Guru Pensiun

Lalu dokter spesialis mata, dokter spesialis radiologi, dokter spesialis rehabilitasi medik, dokter spesialis syaraf, dan dokter spesialis bedah umum masing-masing satu orang.

"Ada DIII kebidanan yang diterima 17 orang, D-III keperawatan 16 orang, DIII farmasi satu orang, DIII Ilmu Gizi empat orang, dan S1 Ilmu Gizi dua orang," katanya.

Dijelaskan, terdapat 31 orang merupakan tenaga teknis di antaranya terdiri S1 Teknik Sipil lima orang, S1 Perikanan tiga orang, S1 Arsitek, dokter hewan, DIII Teknik Informatika, dan SMK/SPP Peternakan masing-masing dua orang.

Sisanya S1 Agribisnis, S1 Pertanian, S1 Teknik Geologi, S1 Sistem Informasi, S1 Ilmu Hukum, S1 Teknik Industri, S1 Hukum, S1 Analisis Kimia, S1 Pariwisata, S1 Sosial Budaya, S1 Planologi, S1 Agroteknologi, S1 Ilmu Komunikasi, DIII Teknik Informatika dan S1 Arsitek, dan SPP/SPMA/SMK Pertanian masing-masing satu orang,

"Setiap formasi ini, sudah ditentukan lokasi penempatannya. Datanya, merujuk pada data yang di-input daerah atau dinas terkait pada e-formasi website Menpan RB," terang dia.

Bagi yang tertarik mengisi formasi CPNS ini, lanjutnya, bisa membuka laman BKPSDM Aceh Tamiang. Tetapi syarat yang dilengkapi calon peserta, pihaknya masih menunggu instruksi dari Kemenpan RB.

"Untuk jadwal pendaftaran, seperti daerah lain kemungkinan dibuka tanggal 11 November 2019," ujar Fauziwati.

Kepala Badan Kepegawaian Negara Regional XIII Aceh, Makmur Ibrahim mengaku, ada tiga daerah yang tidak membuka kuota CPNS di tahun ini, yaitu Aceh Tengah, Aceh Tenggara, dan Gayo Lues.

"Total penerimaan CPNS baik di Pemerintah Aceh maupun 20 kabupaten/kota mendapat kuota penerimaan CPNS tahun ini 3.424 formasi," katanya. (antara/jpnn)

 


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler