Forum RWRT Cianjur Dukung Plt Bupati Berantas Korupsi

Senin, 09 Desember 2019 – 14:41 WIB
Plt Bupati Cianjur Herman Suherman. Foto: Ahmad Fikri/Antara

jpnn.com, CIANJUR - Ketua RT dan RW se Cianjur yang tergabung dalam Forum RWRT Cianjur, berkumpul di Alun-alun Sindang Barang Cianjur untuk ikut memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia, Senin (9/12).

Dalam kesempatan tersebut, Forum RWRT menyatakan dukungan pada Gerakan Anti Korupsi yang dipimpin Plt Bupati Cianjur Herman Suherman.

BACA JUGA: Pemkab Cianjur Akan Menata Kawasan Wisata dengan Konsep Ekowisata

Forum RWRT juga mendaulat Herman sebagai Bapak Pemekaran Cianjur Selatan.

Ketua Forum RWRT Daseng Dasimi mengatakan, korupsi merupakan musuh bersama, karena itu Kabupaten Cianjur harus terbebas dari korupsi.

BACA JUGA: KPK Bakal Ungkap Korupsi Berjemaah di Garuda Indonesia

Menurutnya, salah satu yang menyebabkan kemunduran selama ini adalah prilaku koruptif di semua jenjang pelayanan.

"Jika Cianjur ingin bergerak lebih cepat dalam pembangunan di segala bidang, maka harus berani melawan korupsi," tutur Daseng.

BACA JUGA: Ini Pesan Menkeu untuk Bea Cukai di Hari Antikorupsi Sedunia

Selain persoalan korupsi, hal lain yang dianggap menjadi persoalan mendasar di Cianjur adalah adalah luas wilayah dan jumlah penduduknya yang terlalu besar.

"Karena itu, sudah sepatutnya Cianjur bagian selatan diberi ruang untuk menjadi Daerah Otonomi Baru," kata Daseng.

Pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) diyakini menjadi satu-satunya solusi agar pelayanan dan distribusinya bisa lebih dirasakan secara lebih cepat dan merata oleh masyarakat. 

Terutama yang berada di pelosok dan wilayah perbatasan kabupaten yang selama ini masih butuh perhatian bersama.

"Kami melihat kesamaan persepsi mengenai hal ini dengan Pak Haji Herman, dan selama ini beliau telah ikut menyuarakannya. Karena itu hari ini, kami Pengurus Forum RW dan RT Kecamatan se-wilayah 4 dan 5 mendaulat Pak Haji Herman menjadi Bapak Pemekaran Cianjur Selatan," ungkap Daseng.

Menanggapi hal itu, Plt Bupati Cianjur, H Herman Suherman mengatakan,  kesadaran anti korupsi memang harus terus digalakan, agar menjadi budaya masyarakat. 

"Hal itu harus dimulai dari lingkungan terkecil,  karena itu peran keluarga, RT dan RW menjadi sangat penting," ucapnya.

Herman pun mengapresiasi dukungan dari Forum RWRT pada gerakan anti korupsi.

Mengenai pemekaran Cianjur Selatan, Herman Suherman mengatakan Pemkab Cianjur sejak jauh hari sudah mendukung adanya pemekaran wilayah selatan Cianjur karena sudah layak untuk berdiri sendiri agar memudahkan pembangunan dan meratakan segala program.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler