Fotografer jadi Saksi di Persidangan Angie

Kamis, 08 November 2012 – 10:15 WIB
Angelina Sondakh. Foto: Dok/JPNN
JAKARTA - Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta kembali menggelar sidang perkara suap pembahasan anggaran di Kemendiknas dan Kemenpora, dengan terdakwa Angelina Sondakh pada Kamis (8/11).

Sidang kali ini masih beragendakan mendengarkan keterangan saksi-saksi yang dihadirkan jaksa penuntut umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Saksi yang dihadirkan di antaranya adalah fotografer yang pernah memotret Angie saat memakai BlackBerry.

"Rencananya dua orang fotografer yakni dari Tribun Timur atas nama Abbas Sandji dan dari KapanLagi atas nama Budi Juwono," kata kuasa hukum Angie, Teuku Nasrulah pada saat dihubungi Kamis pagi.

Selain dua fotografer, kata Nasrullah , jaksa juga berencana menghadirkan dua orang karyawan PT Permai Grup, Gerhana Sianipar dan Bayu Wijokongko untuk bersaksi hari ini. Pasalnya dalam persidangan sebelumnya mereka tidak hadir.

Sebelumnya diberitakan, politisi Partai Demokrat Angelina Sondakh alias Angie didakwa menerima suap Rp12,58 miliar dan USD2,35 juta terkait penganggaran proyek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Pemuda dan Olahraga tahun anggaran 2010-2011.

Dalam dakwaan, jaksa menyebut komisi diberikan agar Angie menggiring proyek di sejumlah universitas yang anggarannya dialokasikan untuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan program pengadaan sarana dan prasarana di Kementerian Pemuda dan Olahraga. Selanjutnya proyek itu diberikan ke Permai Group yang dimiliki bekas Bendahara Umum Partai Demokrat, Muhammad Nazaruddin.

Ia juga diketahui bertransaksi dengan Mindo Rosalina Manulang atas suruhan Nazaruddin. Saat itu, keduanya menjalin komunikasi melalui BlackBerry Messenger dengan istilah-istilah yang disamarkan, agar tak diketahui pembicaraan mengenai transaksi uang yang sedang dijalankan.

Namun, hal itu dibantah Angie. Ia mengaku belum memakai BlackBerry saat itu. Sayangnya, pengakuan Angie dipatahkan dengan hasil jepretan sejumlah fotografer yang mengabadikan fotonya saat memegang smartphone tersebut.(flo/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Pemasok Data Jaksa Pemeras Ditangkap

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler