Fraksi Golkar Kembalikan 7 Anggota Komisi XI DPR yang Sempat Dirotasi

Senin, 21 Maret 2022 – 21:38 WIB
Bendera Partai Golkar. Ilustrasi: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Beredar kabar Fraksi Partai Golkar DPR mengembalikan tujuh anggota Komisi XI yang sempat dirotasi.

Hal itu menyeruak setelah beredar foto yang memotret surat dari Fraksi Golkar bernomor SJ.00.1108/FPG/DPRRI/III/2022.

Surat tersebut ditandatangani Ketua Fraksi Golkar Kahar Muzakir dan Sekretaris Fraksi Golkar Adies Kadir tertanggal 21 Maret 2022.

"Menyusuli surat kami SJ.00.1105/FPG/DPRRI/III/2022 dan SJ.00.1105/FPG/DPRRI/III/2022 perihal pergantian anggota Komisi dari FPG DPR RI, sehubungan tugas telah selesai, maka keanggotaan dari FPG DPR RI dikembalikan seperti semula terhitung 21 Maret 2021," demikian isi surat tersebut seperti dikutip JPNN, Senin (21/3).

Tujuh anggota Komisi XI DPR RI yang sebelumnya terkena rotasi adalah Sarmuji (di Komisi I DPR RI), Muhidin Mohammad Said (Komisi II), Melchias Markus Mekeng (Komisi VII), Andi Achmad Dara (Komisi IV), Mukhamad Misbakhun (Komisi IV), Agun Gunandjar Sudarsa (Komisi V), dan Puteri Anetta Komarudin (Komisi III).

Para penggantinya, juga dikembalikan pada Komisi sebelumnya.

Ketujuh nama itu ialah Zulfikar Arse Sadikin (kembali ke Komisi II), Lamhot Sinaga (kembali ke Komisi VII), Hanan A Rozak (kembali ke Komisi IV), Ilham Pangestu (kembali ke Komisi V), Bambang Hermanto (kembali ke Komisi V), Adde Rosi Khoerunnisa (kembali ke Komisi III), dan Salim Fakhry (kembali ke Komisi IV).

Sementara Bobby Adhityo Rizaldi dikembalikan ke Komisi 1 setelah berada di Komisi IX sebelum kembali dirotasi ke Komisi V.

JPNN sudah berupaya menghubungi Adies Kadir selaku Sekretaris Fraksi Partai Golkar demi mengonfirmasi surat tersebut. Namun, upaya sambungan telepon dan pesan di layanan WhatsApp tidak direspons legislator Komisi III itu.

Di sisi lain, anggota DPR Fraksi Golkar yang sempat dirotasi, Misbakhun membenarkan surat pengembalian anggota itu.

Dia mengaku hanya mengikuti semua keputusan pimpinan Fraksi Golkar.

"Sudah ada surat dari Pimpinan Fraksi. Saya ikut saja semua keputusan, arahan dan penugasan dari Pimpinan Fraksi," kata Misbakhun melalui pesan di layanan WhatsApp kepada JPNN.com, Senin (21/3).

Terkait tugas yang disebutkan dalam surat tersebut, Misbakhun menyatakan itu hanya diketahui oleh pimpinan Fraksi Golkar. "Itu Pimpinan Fraksi yang tahu. Terima kasih," lanjutnya.

Diketahui, pengembalian anggota ini dilakukan setelah pemilihan Calon Anggota Dewan Komisioner (DK) OJK yang dipilih oleh DPR melalui Komisi XI.(mcr8/jpnn)

BACA JUGA: Golkar Gonta-Ganti Anggotanya di Komisi Keuangan DPR, demi Pemilihan Anggota BPK?

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tok! Dua Nama Ini Terpilih Menjadi Anggota BPK Periode 2022-2027


Redaktur : Friederich
Reporter : Kenny Kurnia Putra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler