Fraksi PKS Gelar Lomba Baca Teks Proklamasi Mirip Suara Bung Karno, Sujiwo Tejo Memberikan Apresiasi

Jumat, 20 Agustus 2021 – 11:15 WIB
Fraksi PKS DPR RI menggelar Grand Final Lomba Baca Teks Proklamasi Mirip Suara Bung Karno, Kamis (19/8). Foto/Ilustrasi: Istimewa.

jpnn.com, JAKARTA - Fraksi PKS DPR RI menggelar Grand Final Lomba Baca Teks Proklamasi Mirip Suara Bung Karno, Kamis (19/8). 

Grand Final menghadirkan finalis perwakilan dari 20 provinsi secara virtual. 

BACA JUGA: Jazuli PKS: Dunia Harus segera Menghentikan Kebiadaban Israel

Hadir sebagai dewan juri Budayawan Sujiwo Tejo dan Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid. 

Lomba Baca Teks Proklamasi Mirip Suara Bung Karno ini merupakan salah satu program unggulan Fraksi PKS

BACA JUGA: Fraksi PKS: Tolong, Pemerintah Hadir Selamatkan Rakyat

Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini mengatakan hal itu guna menanamkan semangat perjuangan di kalangan generasi bangsa. 

Menurutnya, acara ini sederhana tetapi pesan dan harapannya tidak sederhana.

BACA JUGA: Fraksi PKS Sebut Utang Indonesia Tidak dalam Kondisi Aman-aman Saja

“Kami ingin rakyat Indonesia bisa betul-betul merdeka tidak hanya dari penjajah kolonial tetapi juga dari kemiskinan, kebodohan, keterbelakangan, kezaliman supremasi hukum, dan hal-hal lainnya," ujar Jazuli dalam sambutannya.

Melalui lomba ini Fraksi PKS menginternalisasi nilai-nilai semangat kebangsaan kepada seluruh komponen anak bangsa. 

"Kami berharap semangat proklamasi dapat mengunggah anak bangsa, agar memiliki komitmen untuk betul-betul menjadi bangsa yang besar dan kuat,” katanya.
“Tidak hanya slogan bangsa yang tumbuh dan tangguh, melainkan memiliki komitmen mewujudkan slogan-slogan tersebut," ungkap Jazuli.

Sujiwo Tejo mengapresiasi gelaran kreatif Fraksi PKS DPR itu.

Dia menyarankan lomba ini ke depannya diikuti peserta dari berbagai latar belakang, dan tidak dibatasi oleh jenis kelamin serta usia. 

"Tidak harus mirip Bung Karno, yang penting sama-sama menggetarkan seperti suara Bung Karno,” kata Sujiwo Tejo. 

Hidayat Nur Wahid sangat mengapreasiasi semangat dan kepercayaan diri dari seluruh peserta yang berasal dari berbagai latar belakang daerah, suku bangsa, bahkan agama yang berbeda-beda. 

"Lomba ini bukan hanya menyatukan berbagai perbedaan yang dimiliki Indonesia namun juga mampu menggambarkan semangat Bung Karno dalam memperjuangkan kemerdekaan," ujarnya.

Sementara itu, Presiden PKS Ahmad Syaikhu berharap lomba ini  akan melahirkan ‘Soekarno-Soekarno’ muda yang inovatif, inspiratif, serta mampu memimpin bangsa dan negara menuju cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945.

Dia berharap lomba ini akan membangkitkan semangat dan minat masyarakat khususnya generasi muda terhadap jejak perjuangan para pendiri bangsa. 

“Kita warisi spirit mereka yang pantang menyerah. Terus kembangkan keterampilan dan keahlian di berbagai bidang. Mari syukuri nikmat kemerdekaan dengan menguatkan integritas kita, makin kreatif, dan bersinergi membangun bangsa dengan berbagai elemen,” tutupnya. 

Lomba Baca Teks Proklamasi Mirip Suara Bung Karno kali ini dimenangkan oleh Tegar Brilian Putra peserta asal Sumatera Selatan sebagai Juara I.  

Selanjutnya, Juara 2 Richard Fransiscus dari Sumatera Utara, Juara 3 I Made Riyan Cahyadi dari Bali, Juara Harapan 1 Ahmad Izzudin dari Yogjakarta dan Juara Harapan 2 M Teguh Satria dari Kalimantan Timur. Para juara berhak membawa hadiah total Rp 17 juta. (boy/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler