Frisian Flag-GrabFood Kolaborasi Dukung UMK Hadirkan Pangan Lezat dan Sehat

Sabtu, 24 Agustus 2024 – 16:52 WIB
Frisian Flag Indonesia dan GrabFood berkolaborasi dalam kegiatan komunitas UMK bertajuk Teras Perwira x Frisian Flag: Hari UMK. Foto: supplied

jpnn.com, JAKARTA - Memperingati bulan UMK Nasional Indonesia, Frisian Flag Indonesia (FFI) dan komunitas GrabFood Perwira berkolaborasi dalam kegiatan komunitas UMK bertajuk Teras Perwira x Frisian Flag: Hari UMK.

Kolaborasi ini dimaksudkan untuk mendukung pertumbuhan usaha mikro dan kecil (UMK) di Indonesia serta memberikan edukasi mengenai pentingnya standar kualitas dan sertifikasi keamanan pangan.

BACA JUGA: Frisian Flag Edukasi Orang Tua dan Anak-anak Pentingnya Pola Hidup Sehat

Sektor UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) berkontribusi 61% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) atau senilai dengan Rp 9,580 triliun.

Sumbangan ini menjadikan UMK pilar pembangunan ekonomi terbesar dan penyerap 97% total tenaga kerja Indonesia. Data KADIN Indonesia menunjukkan pada 2023, di Indonesia terdapat 66 juta UMKM.

BACA JUGA: Frisian Flag Indonesia Rayakan Hari Susu Sedunia 2024

Vitalnya peran UMKM dalam mendorong perekonomian bangsa ini menguatkan komitmen FFI dalam mendukung peningkatan daya saing UMK Indonesia.

Selain mengedukasi dan memfasilitasi UMK untuk menyediakan dan menjual pangan sehat dan aman, program Teras Perwira x Frisian Flag: Hari UMKM bertujuan mendukung program ‘Orang Tua Angkat’ yang diprakarsai Badan POM untuk meningkatkan partisipasi swasta membantu UMKM berkembang menjadi penggerak perekonomian nasional dan penyedia lapangan kerja.

BACA JUGA: GrabFood Merilis Fitur Pendukung di Layanan Group Order

Corporate Affairs Director PT Frisian Flag Indonesia Andrew F. Saputro mengatakan bahwa peran FFI selaku Orang Tua Angkat UMK Pangan Olahan Program BPOM adalah amanat yang diemban untuk berkontribusi pada pembangunan bangsa Indonesia, khususnya pelaku UMK.

Kontribusi ini disalurkan lewat sosialisasi dan edukasi pangan sehat dan aman.

“Kolaborasi FFI dengan komunitas GrabFood Perwira memberikan kesempatan kepada UMK terkhusus merchant GrabFood, untuk berinovasi dan menggali peluang di bidang makanan dan minuman yang kami fasilitasi, yakni dengan menggunakan produk FRISIAN FLAG®. Kesadaran akan produksi pangan sehat dan aman akan meningkatkan daya saing UMK Pangan Olahan dan diharapkan akan meningkatkan penjualan dan kesejahteraan pelaku UMK. Kolaborasi ini adalah salah satu program yang kami tujukan untuk membantu mewujudkan misi FFI membangun Indonesia yang sehat, sejahtera, dan selaras, yang selaras dengan visi kami yaitu, Nourishing Indonesia to Progress,” katanya.

FFI merupakan salah satu dari belasan perusahaan di industri pangan olahan yang telah berkomitmen menjadi Orang Tua Angkat bagi UMK Pangan Olahan BPOM.

Program ini dimaksudkan untuk mendampingi UMK dalam mengatasi berbagai masalah dan kendala dalam usaha mikro kecil, seperti kurangnya jejaring bisnis, akses informasi yang terbatas, teknologi dan kapasitas produksi yang belum memadai, serta masalah perizinan dan standar yang belum dipahami.

Direktur Pemberdayaan Masyarakat dan Pelaku Usaha Pangan Olahan (PMPU PO) BPOM Ema Setyawati mengapresiasi dukungan FFI pada komunitas UMKM.

"Kita memiliki harapan yang sama bahwa UMKM di Indonesia memiliki daya saing tinggi sehingga dapat mendukung perkembangan perekonomian pribadi dan nasional. Salah satu faktor yang membuat daya saingnya tetap tumbuh adalah supply chain berupa bahan baku, pengolahan, pembeli, dan pengantaran. Kualitas produk, kebersihan dapur, dan berbagai peraturan BPOM lainnya mengenai standar keamanan pangan juga harus diperhatikan dan ditaati oleh para pelaku UMK," katanya.

Acara ini tidak hanya mempererat hubungan antar merchant dalam komunitas, tapi juga menjadi wadah yang amat penting untuk mensosialisasikan pentingnya kualitas produk dan keamanan pangan. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan konsumen dan pada akhirnya menumbuhkan bisnis mereka.

Rangkaian program Teras Perwira x Frisian Flag: Hari UMKM ini, terdiri dari kegiatan lokakarya  kreatif, di mana FFI akan memfasilitasi pelaku UMKM, khususnya merchant GrabFood, dengan rangkaian produk mulai dari susu kental manis hingga susu cair.

FFI dan komunitas serta BPOM akan memberikan edukasi dan sosialisasi kepada sekitar 80 – 100 merchant GrabFood dari berbagai daerah di Jabodetabek tentang sertifikasi keamanan pangan.

Program ini menargetkan 400 UMK yang ada di 4 kota di Jabodetabek, Karawang, Serang dan Cilegon agar dapat mengembangkan potensi usahanya. (rhs/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Keluar dari Golkar, Wanda Hamidah Singgung Kecurangan Pilpres, Oligarki, & Orde Baru


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler