FTUI Kerja Sama dengan MRT Jakarta, Bantu Susun Panduan Keselamatan Kebakaran

Sabtu, 05 Agustus 2023 – 18:38 WIB
penandatanganan perjanjian kerja sama di bidang pendidikan dan penelitian antara Fakultas Teknik Universitas Indonesia dan PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta (Perseroda). Foto: dokumentasi FTUI

jpnn.com, JAKARTA - Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) bakal membantu membuat kajian teknis panduan keselamatan kebakaran di lingkungan MRT Jakarta.

Hal ini diwujudkan melalui penandatanganan perjanjian kerja sama di bidang pendidikan dan penelitian dengan PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta (Perseroda).

BACA JUGA: Penumpang MRT Kehilangan Sepeda Seharga Rp 3 Juta di Stasiun Haji Nawi

Selanjutnya, FTUI dan PT MRT Jakarta akan mengumpulkan data dan studi literatur terkait kajian tersebut.

Dari data yang terkumpul, FTUI melakukan studi akademik pedoman keselamatan kebakaran dan menyusun kerangka pedomannya.

BACA JUGA: Pj Bupati Bombana Diduga Langgar Aturan Mutasi Pejabat, PNS Ini Mengadu ke Kemendagri

“Kolaborasi ini merupakan contoh nyata bagaimana FTUI dapat berkontribusi langsung dalam meningkatkan keselamatan masyarakat,” ucap Dekan FTUI Heri Hermansyah dalam keterangannya, Sabtu (5/8).

Menurut dia, kerja sama ini juga merupakan peluang berharga bagi FTUI untuk menerapkan pengetahuan akademik dan penelitian yang ada ke dunia nyata dengan dampak yang langsung dirasakan oleh masyarakat.

BACA JUGA: Gairahkan Industri Bisnis Nasional, Halal Fair Jakarta 2023 Gandeng 200 Pelaku Usaha

"Saya berharap, kerja sama ini dapat menjadi model bagi kolaborasi antara perguruan tinggi dan industri dalam upaya meningkatkan keselamatan dan kualitas layanan publik,” kata dia.

Sementara itu, Direktur PT MRT Jakarta Weni Maulina Weni Maulina menuturkan bahwa kokaborasi tersebut adalah langkah proaktif dan strategis dalam memastikan keselamatan para pengguna layanan MRT Jakarta.

“Kajian teknis ini akan memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang aspek keselamatan kebakaran yang relevan dengan sistem MRT Jakarta,” ujar Weni.

Data dan studi literatur yang dikumpulkan oleh PT MRT Jakarta dan FTUI akan menjadi dasar penting dalam mengidentifikasi risiko potensial dan mengembangkan langkah-langkah pencegahan yang efektif.

Penyusunan kerangka pedoman keselamatan kebakaran oleh FTUI akan menjadi landasan penting bagi PT MRT Jakarta dalam mengimplementasikan langkah-langkah pencegahan, deteksi, dan penanggulangan kebakaran yang efektif.

Pedoman tersebut juga akan membantu menciptakan lingkungan yang aman bagi penumpang dan staf MRT Jakarta serta meningkatkan respons dan evakuasi dalam situasi darurat.

“Kolaborasi FTUI dan PT MRT Jakarta diharapkan dapat mencapai tujuan bersama untuk menciptakan sistem transportasi yang aman, efisien, dan ramah lingkungan bagi warga Jakarta,” tambahnya. (mcr4/jpnn)


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler