FTUI Perluas Jaringan Kerja Sama Internasional di Bidang Cybersecurity dengan Jepang

Rabu, 07 Februari 2024 – 16:53 WIB
Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) saat mengunjungi TREND Micro.inc, Jepang. Foto: dokumentasi FTUI

jpnn.com, JAKARTA - Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) menegaskan komitmennya dalam membangun SDM cybersecurity di Indonesia agar dapat bersaing di tingkat global.

Untuk itu, FTUI berkunjung ke beberapa universitas dan perusahaan terbaik di Jepang untuk membuka peluang kerja sama di bidang cybersecurity.

BACA JUGA: Cari Talenta Baru, Kemendikburistek dan Industri Gelar Cybersecurity Hackathon 2023

Kunjungan ini dilaksanakan pada 25-30 Januari 2024 lalu dan didukung penuh oleh Japan International Cooperation Agency (JICA). 

Tim FTUI mengunjungi Meiji University, Tokyo Denki University, LAC, Professional University of Information and Management for Innovation (i-University), Keio University, Yokohama National University, TREND Micro Inc., dan National Institute of Information and Communication Technology (NICT).

BACA JUGA: Cybersecurity Hackathon Dibidik Jadi Penghubung Talenta Keamanan Siber dan Industri

Berbagai inisiatif dan kemajuan cybersecurity terkini turut didiskusikan, membuka peluang kerja sama di bidang akademik, riset, serta hilirisasi, yang bukan hanya dari Jepang untuk Indonesia, tetapi juga sebaliknya. 

"Bidang cybersecurity menjadi fokus utama diskusi kerja sama kali ini, kami menganggap bidang ini krusial untuk menghadapi tantangan keamanan siber di era digital,” ucap Dekan FTUI Heri Hermansyah dalam keterangannya, Rabu (7/2).

BACA JUGA: InfraDigital, Mastercard dan Poltek SSN Luncurkan Cybersecurity Training Sub Batch 2

Sebagai langkah awal, diskusi dilakukan untuk memahami lebih dalam aktivitas penelitian, aturan hukum, serta pendekatan pembelajaran cybersecurity di Jepang.

“Dari diskusi dengan mitra-mitra, kami mengidentifikasi kesempatan-kesempatan yang dapat dieksplorasi lebih dalam untuk menciptakan lingkungan siber yang lebih aman dan tangguh untuk Indonesia,” kata dia.

Tidak terbatas pada diskusi akademik dengan universitas mitra di Jepang, FTUI juga mengunjungi sejumlah perusahaan terkemuka di Jepang yang bergerak dalam bidang keamanan siber.

Langkah strategis ini dilakukan untuk membangun kolaborasi yang holistik, yang melibatkan aspek akademis serta industri. 

"FTUI berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya dalam bidang yang fundamental seperti ini," jelasnya. 

Lebih lanjut, Heri menuturkan bahwa dari kunjungan ini, akan didapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kebutuhan dan tren terkini dalam industri cybersecurity di Jepang.

"FTUI berusaha untuk terus mengembangkan dan meningkatkan kontribusinya sebagai institusi pendidikan terhadap perkembangan global di bidang cybersecurity,” tambah Heri. (mcr4/jpnn)


Redaktur : Budianto Hutahaean
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler