G-Lab & Aruna Berkolaborasi, Mahasiswa MIT Dipacu Kemampuan ESG

Selasa, 17 Januari 2023 – 21:04 WIB
G-Lab & Aruna berkolaborasi, mahasiswa MIT dipacu kemampuan analisis komparatif terhadap konsep dan implementasi ESG Foto: dok Aruna

jpnn.com, JAKARTA - Aruna bermitra dengan MIT Sloan School of Management Global Entrepreneurship Lab Program (G-Lab) sejak Oktober 2022.

Kemitraan itu diimplementasikan dalam program magang bagi mahasiswa Master of Business Administration (MBA) semester final di Massachusetts Institute of Technology (MIT). 

BACA JUGA: Aruna & Yayasan Maritim Indonesia Salurkan Donasi untuk Korban Gempa Cianjur

Pada kesempatan itu, Aruna bersama mahasiswa tersebut berkolaborasi melakukan analisis komparatif terhadap konsep dan implementasi ESG (Environmental, Social, dan Governance) di industri perikanan.

Semula dilakukan secara virtual, mahasiswa MIT yang terdiri dari Aneesh Kanakamedala, Anna Eckhoff, Dragana Marinkovic, dan Genvevieve Rogers, pun telah tiba di kantor pusat Aruna di Jakarta untuk memulai program mereka pada Senin (16/1).

BACA JUGA: Kelola Gudang Beku di Jabar, Aruna dapat Dukungan PDSPKP 

Michellana Jester, Managing Director G-Lab, mengatakan MIT G-Lab menerapkan pembelajaran dengan basis pendekatan interdisipliner.

Tujuannya untuk memberikan wawasan tentang peluang dan tantangan yang biasa dihadapi wirausahawan di pasar negara berkembang.

BACA JUGA: Hadir di Sial Interfood, Aruna Kenalkan Produk Daging Rajungan Premium

Di sisi lain, Aruna adalah integrated fisheries commerce dan supply chain aggregator di Indonesia yang merevolusi rantai pasok perikanan Indonesia, serta menghubungkan nelayan skala kecil ke pasar yang lebih luas melalui teknologi. 

Kemitraan di antara keduanya diharapkan mempertajam kemampuan analisis para mahasiswa dalam mamadukan teori dengan praktik di dunia industri, sehingga variabel non-ekonomi lain, seperti lingkungan, sosial, dan budaya, pun dapat dipahami.

Selain analisis komparatif terhadap konsep dan implementasi ESG di industri perikanan, ruang lingkup pekerjaan para mahasiswa juga meliputi analisis Sustainable Development Goals (SDG) dan pilar ESG yang paling sesuai untuk Aruna, serta penilaian terhadap pencapaian pilar ESG yang telah diterapkan di Aruna.

"Ruang lingkup pekerjaan dilaksanakan dengan melakukan beberapa Forum Group Discussion (FGD) dengan tim internal Aruna, mengunjungi Aruna Hubs di Balikpapan, Kalimantan Timur serta melakukan review mingguan dan bulanan, sebelum menyampaikan laporan akhir," terang Michellana Jester dalam keterangan tertulisnya, Selasa (17/1).

Dia menambahkan G-Lab berdiri sejak 2000 lalu. Tantangan yang biasanya dihadapi oleh para wirausahawan adalah apa yang menjadi fokus utama G-Lab.

"Seiring dengan perkembangan G-Lab, tim mahasiswa kami telah memberikan beragam insight kepada banyak perusahaan yang sedang berkembang di seluruh dunia," lanjut Michellana.

Mereka berfokus pada tantangan yang bisnis hadapi dan membantu perusahaan di berbagai bidang yang krusial, termasuk di bidang perikanan dan ekosistem keberlanjutan, sosial, juga budaya.

Michellana menegaskan pihaknya ingin membantu Aruna untuk meningkatkan skala bisnisnya, sehingga akan ada lebih banyak dampak ekonomi dan sosial yang ditelurkan dalam waktu dekat ini.

"Begitulah cara kami memperkuat apa yang telah diprakarsai Aruna sejak awal," ujar Michellana Jester.

Senada itu, Co-Founder dan Chief Sustainability Officer Aruna Utari Octavianty, menyatakan pihaknya ingin terus memberikan dampak pragmatis dan positif dengan menjalin kemitraan dengan orang-orang lintas disiplin ilmu, sehingga bisa mewujudkan visi-misi perusahaan.

Oleh karena itu, Aruna mengajak para mahasiswa MIT ini untuk bekerja sama, yang nantinya akan menghasilkan dua output utama, yaitu metrik keberlanjutan dan kerangka kerja serta implementasi ESG Aruna.

"Kami memiliki Aruna Hub di seluruh Indonesia. Jadi, ini juga bisa menjadi simulasi nyata bagi mereka untuk membangun sesuatu yang lebih besar di waktu mendatang," pungkas Utari. (esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Meramaikan Sumpah Pemuda, Nelayan Aruna & Masyarakat Pesisir Bersih-Bersih Pantai 


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler