Gadis Berprestasi dari Minang Pembawa Baki Bendera pada HUT ke-79 RI, Namanya Maulia

Minggu, 11 Agustus 2024 – 17:46 WIB
Foto Maulia Permata Putri siswi SMAN 1 Kota Solok yang terpilih mengikuti latihan Paskibraka tingkat nasional. ANTARA/HO-SMAN 1 Kota Solok

jpnn.com, SOLOK - Maulia Permata Putri, siswi di SMAN 1 Kota Solok dan Raidzaky Rafifaldrie dari SMAN 1 Kota Padang terpilih sebagai Tim Paskibraka Nasional tahun 2024.

Keduanya tentu membuat gembira masyarakat di Ranah Minang (Sumatera Barat).

BACA JUGA: Gadis Cantik Pembawa Baki Bendera Merah Putih Ini Terharu

Hal yang lebih membanggakan lagi, Maulia Permata Putri, siswi kelas XI atau kelas dua di SMAN 1 Kota Solok itu dikabarkan tengah dilatih menjadi pembawa baki bendera untuk gelaran upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur pada 17 Agustus 2024.

Prestasi yang berhasil ditorehkan Maulia saat ini telah menambah daftar panjang generasi muda Sumbar yang mampu bersaing di kancah nasional.

BACA JUGA: Si Cantik Nilam jadi Pembawa Baki Bendera Merah Putih di Istana

Pencapaian tersebut juga menjadi kebanggaan tersendiri bagi pihak sekolahnya. Bahkan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, SMAN 1 Kota Solok Dwi Suyarto mengungkapkan rasa bangganya terhadap Maulia yang saat ini telah berada di Jakarta tengah mengikuti pelatihan Paskibraka.

Saat ini Maulia tengah fokus mengikuti pelatihan Paskibraka sebagai pembawa baki bendera untuk Upacara HUT ke-79 RI di IKN pada tanggal 17 Agustus 2024.

BACA JUGA: Arief Tanggapi Isu Airlangga Mundur dari Ketum Golkar, Analisisnya Ngeri

"Saat ini Maulia tengah mengikuti latihan di Jakarta. Semoga saja mampu mempertahankan sehingga tetap terpilih sebagai pembawa baki bendera sampai pada upacara HUT RI, tanggal 17 Agustus 2024 nantinya," kata dia.

Siswi cantik berprestasi

Siswi cantik yang berasal dari Nagari (Desa) Parambahan, Kecamatan Bukit Sundi, Kabupaten Solok, itu selain membanggakan di bidang Paskibraka, juga termasuk salah satu siswi cerdas di kelasnya dengan perolehan nilai yang cemerlang.

Sementara, mengenai kepribadiannya di sekolah, Maulia dikenal sebagai siswi yang baik, terampil dan mengikuti tata tertib sekolah dengan baik.

"Maulia juga termasuk siswi berprestasi di kelasnya dengan perolehan nilai yang selalu bagus dan membanggakan. Sedangkan untuk ekstrakurikuler, sejak awal masuk sekolah Maulia memang lebih tertarik dan fokus ke Paskibraka," ujar Dwi.

Sejak memutuskan memilih ekstrakurikuler Paskibra, Maulia terus berlatih bersama dengan tim lainnya. Hingga akhirnya dia mencoba mengikuti rekrutmen Paskibraka untuk tingkat nasional tahun 2024 ini.

Berkat kegigihan dan kesungguhannya, Maulia pun mulai ikut pemusatan latihan Paskibraka sejak pertengahan bulan Juli 2024 lalu.

Namanya masuk dalam 76 siswa-siswi terpilih dari seluruh Indonesia yang menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

Setelah adanya pencapaian yang membanggakan tersebut, tidak hanya pihak sekolah, bahkan seluruh masyarakat Sumatera Barat sangat berbangga karena salah seorang putra daerah itu berhasil ikut tergabung di dalam Tim Paskibraka Nasional 2024. Apalagi terpilih sebagai pembawa baki bendera pada HUT ke-79 RI nanti.

Diarak keliling Kota Solok

Pihak sekolah pun melakukan arak-arakan saat pelepasan Maulia menuju karantina di Jakarta pada Rabu (10/7) lalu sebagai salah satu bentuk kegembiraan atas prestasi yang diraih murid kebanggaan mereka.

Arak-arakan tersebut sangat meriah. Maulia beserta sejumlah guru tengah berada di atas mobil Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Solok serta diiringi oleh seluruh siswa siswi SMAN 1 Kota Solok dengan motor mereka. Beberapa siswa di depan mobil PMI memegang tongkat yang diikat bendera merah putih menggunakan sepeda motor.

"Pada 10 Juli lalu, sebelum Maulia berangkat ke Jakarta, kami sudah melakukan arak-arakan keliling Kota Solok," ujar Dwi.

Arak-arakan tersebut adalah bentuk rasa syukur serta bertujuan untuk memberitahukan kepada seluruh masyarakat bahwa ada putri terbaik asal SMAN 1 Kota Solok yang lolos Paskibraka tingkat nasional.

"Sekali lagi, kami dari pihak sekolah sangat bangga sekali atas terpilihnya Maulia sebagai peserta Paskibraka tingkat nasional. Bahkan ini merupakan pertama kalinya dari sekolah kami," ucap dia.

Harapan para guru

Dwi mewakili para guru SMAN 1 Kota Solok berharap agar Maulia sebagai pembuka jalan serta penyemangat bagi siswa-siswi lainnya di sekolah itu untuk terus meraih prestasi baik tingkat Sumbar maupun di tingkat nasional.

Pihak sekolah akan terus mendukung bagi siswa-siswi berprestasi di bidang Paskibraka ataupun bidang lainnya.

Selain itu, ia juga berpesan kepada Maulia agar terus bersemangat dan meningkatkan prestasinya. Tetap menjadi pribadi yang rendah hati dan mau berbagi pengalaman nantinya kepada teman-teman di sekolah.

Sebelumnya, Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah juga mengungkapkan rasa bangganya terhadap siswi SMAN 1 Kota Solok Maulia yang tengah berlatih sebagai pembawa baki bendera merah putih.

Menurut Mahyeldi ini merupakan suatu kebanggaan bagi masyarakat Sumbar semua. Kepercayaan yang diberikan kepada Maulia sebagai pembawa baki bendera merah putih menunjukkan bahwa kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dari Sumatera Barat dapat bersaing di tingkat nasional.

Orang nomor satu di Sumbar itu juga berharap bahwa prestasi yang diraih oleh Maulia dan anak-anak muda Sumatera Barat lainnya dapat memotivasi lebih banyak lagi generasi muda untuk mencapai keberhasilan di berbagai bidang.

Selain itu, empat orang generasi muda asal Sumatera Barat juga terpilih untuk bergabung dengan tim paduan suara Gita Bahana Nusantara (GBN) Tahun 2024 yang akan tampil pada peringatan HUT ke-79 RI tingkat nasional pada 17 Agustus 2024 nanti.

Empat generasi muda itu masing-masing Muhammad Khalish Fathani (nada tenor), Aqeela Ramadhani Irianto (nada alto), Syarifa Izdihara (nada sopran), dan Andika Fudhael Putra (nada bass).

Gubernur Sumbar mengatakan keterlibatan mereka di paduan suara GBN adalah momentum yang sangat tepat bagi talenta muda Sumbar untuk merayakan kekayaan budaya dan seni musikalisasi, menunjukkan bakat, sekaligus mempererat tali persaudaraan dengan perwakilan dari 38 provinsi lain di Indonesia.

"Kami berharap generasi muda hebat yang tampil di Istana Negara ini dapat tampil maksimal dan turut mengharumkan nama Sumbar di kancah nasional," katanya.

Prestasi-prestasi seperti ini menunjukkan kemampuan dan potensi yang dimiliki oleh generasi muda Sumatera Barat. (antara/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

BACA ARTIKEL LAINNYA... Geram Kapolres Jember 5 Anggotanya Dikeroyok Pesilat PSHT, Aipda Parmanto Terluka Parah


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler