Gagal Benahi Jakarta, Foke Bingung Tentukan Program Kampanye

Rabu, 28 Maret 2012 – 07:27 WIB

CALON gubernur (cagub) incumbent Fauzi Bowo, tampaknya tak memiliki program jelas jika terpilih kembali dalam Pilkada DKI 2012. Hal ini sangat berbeda, dengan cagub lainya yang telah menyampaikan program-program andalan mereka.

Misalnya, Alex Noerdin yang memprogramkan Jakarta bebas macet dan banjir dalam tiga tahun. Atau Hendardji Soepandji yang memprogramkan Jakarta bebas biaya pendidikan jika terpilih. Begitu juga dengan Jokowi yang menarget Jakarta bebas macet dan pemberdayaan warga miskin, atau juga Hidayat Nur Wahid yang memprogramkan Jakarta sejahtera bersama.

Tak adanya program jelas oleh Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo ini, terungkap saat ia ditanya oleh sejumlah wartawan. Bahkan, Foke terlihat gugub dan menjawab pertanyaan wartawan sekenanya. "Tunggu saja, nanti kalau disebut sekarang di copy sama orang lain," kata Fauzi Bowo yang menggandeng Nachrowi Ramli sebagai pasangan untuk maju pilkada ini, Selasa (27/3).

Tak cukup sampai di situ, Foke juga secara enteng mengucapkan kalimat yang tak dimengerti para jurnalis yang mencegatnya. Yakni, dengan menyebut program-program yang diambilnya nanti mengikuti pepatah lama yakni hemat pangkal kaya. "Yang pasti hemat pangkal kaya," ucap Foke, sambil menaiki mobil dinasnya dan pergi meninggalkan wartawan yang kebingungan.

Pengamat Politik dari Universitas Indonesia Arbi Sanit menilai Foke memang tengah kebingungan dalam menentukan program yang akan dilakukan seandainya terpilih. Sebab, saat ini saja banyak program-program yang dijanjikanya saat pilkada 2007 silam tak ada yang terealisasi.

Seperti program mengatasi macet, banjir, meningkatkan perekonomian masyarakat, dan sederet program lainya. Bahkan, Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) pun, sampai mengkritik kinerja Foke sebagai kinerja pepesan kosong. "Foke bingung karena memang banyak program yang dijanjikanya saat pilkada sebelumnya banyak yang gagal," tegas Arbi.

Sementara Sekretaris Tim Sukses pasangan Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli, Budi Siswanto membantah Foke tak punya program. Menurutnya, program dari pasangan yang diusung oleh delapan partai politik ini yakni memajukan Jakarta.

Dengan komitmen meningkatkan hal-hal yang baik dan memprioritaskan kekurangan. "Semua akan diperbaiki," tandasnya. (wok/pes/rul)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Dukungan PDS untuk Alex-Nono Dinilai Sah


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler