Gaji ke-13 Tak Kunjung Cair, Ribuan PNS Meradang

Selasa, 10 Juli 2012 – 08:01 WIB

KUTACANE – Ribuan PNS di Kabupaten Aceh Tenggara (Agara) meradang akibat pembayaran gaji ke 13 seharusnya sudah mereka terima namun tak kunjung dibagikan. Sementara mereka sangat membutuhkan gaji tersebut untuk biaya anak masuk sekolah tahun ajaran baru dan biaya menghadapi meugang bulan Ramadhan akan menjelang.

Seperti disampaikan Sukarudin, salah seorang PNS kepada Rakyat Aceh (Grup JPNN) Senin (9/7) menyebutkan bahwa diseluruh Kabupaten/Kota di Aceh sudah membayarkan gaji ke 13 para PNS namun di Aceh Tenggara belum ada kejelasannya.

“Apa yang menjadi kendala sehingga gaji ke 13 PNS Agara belum dibayarkan. Apakah uang dialokasikan untuk itu memang belum datang dari Pusat" Atau sudah diselewengkan oleh mereka dalam hal pengurusan gaji tersebut,” tandas PNS yang beberapa bulan lagi akan pensiun tersebut.

Hal sama juga dilontarkan oleh Jumadun SH, PNS pada salah satu dinas di lingkungan Setdakab Agara ini menilai, kinerja Dinas Pengelola Keuangan dan Kekayaan Daerah tidak benar. Bahkan menurutnya sangat tidak masuk akal, jika semua Kabupaten sudah membayarkannya namun Aceh Tenggara belum dengan alasan uang belum masuk.

“Petugas keamanan dari Kepolisian dan TNI yang bertugas di Agara pun sudah menerima gaji ke 13. Namun kenapa PNS dijajaran Pemkab baik itu guru atau lainnya belum dibayarkan gaji ke 13 mereka" Ada apa di Dinas Keuangan Agara?,”tanya sejumlah PNS lain yang juga mulai panik menghadapi biaya anak sekolah mereka.

Bahkan sejumlah PNS lain mengancam apabila tidak segera dibayarkan maka akan ada aksi besar dari para PNS di Agara. “Apakah memang harus melakukan aksi baru pihak terkait memikirkan pembayaran gaji ke 13 tersebut,”pungkas Nawi Sekedang,SE dari Direktur Lembaga Anti Korupsi Agara.

“Anggaran untuk pembayaran gaji ke 13 PNS di Agara sudah masuk ke kas daerah,namun kemana uang itu dialihkan masih menjadi tanda tanya yang besar bagi kita karena sangat sulit menemui Kepala Dinas Keuangan dikantornya,atau jangan-jangan sudah mulai takut masuk kantor,sindir Nawi Sekedang.

Terkait dengan hal ini,Kepala DPKKD (Dinas Pengelolaan Keuangan dan  Kekayaan Daerah) Kabupaten Aceh Tenggara Drs Suhailudin,MM coba dijumpai di kantornya Senin (9/7) tidak berhasil di temui. Menurut salah seorang stafnya,Kadis sudah keluar kantor dan hanya sebentar masuk kantor,kata staf yang juga menunggu pembayaran gaji ke 13.

Upaya untuk mendapatkan keterangan dari Kepala Dinas PKKD Agara terkait pembayaran gaji ke 13 PNS tersebut terus dilakukan,sayangnya pencarian tetap gagal bahkan seluler Drs Suhailudin,MM tersebut juga tidak dapat dihubungi. (amn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Spekulan Biang Kerok Sembako Naik


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler