Gala Premiere Film Glo, Kau Cahaya Tayang Hari Ini, Ada Wulan Guritno

Senin, 06 Maret 2023 – 10:09 WIB
Gala Premiere film layar lebar 'Glo, Kau Cahaya' akan digelar di XXI Bintaro Jaya Xchange Mall, Tangerang Selatan, Senin (6/3) malam. Foto dokumentasi Bhuana Art Cinema

jpnn.com, JAKARTA - Gala Premiere film layar lebar Glo, Kau Cahaya akan digelar di XXI Bintaro Jaya Xchange Mall, Tangerang Selatan, Senin (6/3) malam.

Film panjang perdana karya sutradara Ani Ema Susanti itu dibintangi oleh Tatyana Akman, Kevin Royano, Ratna Riantiarno, Mamat Alkatiri, Monalisa Sembor, Wulan Guritno, dan Anggun C Sasmi.

BACA JUGA: Film Glo, Kau Cahaya Tayang 9 Maret, Pentingnya Kesehatan Mental Anak Muda

Film intu bercerita tentang Gloria, seorang perempuan asal Papua, yang berjuang menghadapi depresi setelah kehilangan kedua orangtuanya dalam sebuah kecelakaan serta mengalami kelumpuhan pada kedua kakinya.

Berkompetisi pada Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) di Papua, Glo belajar mengenal esensi kemenangan yang sesungguhnya.

BACA JUGA: Film Glo, Kau Cahaya Segera Tayang di Bioskop, Ini Jadwalnya

Produser Eksekutif Hamka Handaru meyakini film 'Glo, Kau Cahaya' akan diterima masyarakat Indonesia meskipun saat ini genre yang tengah menjadi tren di masyarakat adalah film horor.

Film itu salah satunya bertujuan memberikan legacy kepada masyarakat Papua.

BACA JUGA: Film Kun Ana Wa Anta Segera Tayang di Bioskop, Anak-anak Perlu Menonton

"Kami ingin mengirimkan pesan bahwa Papua juga mampu dan bisa sejajar dengan kota-kota lain di Indonesia," kata Hamka dalam siaran pers, Senin (6/3).

Menurut dia, bisa mengerjakan karya ini adalah sebuah kehormatan.

Dia berharap film itu bisa diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia.

Tatyana Akman mengungkapkan tawaran peran sebagai Gloria, tokoh utama film ini, datang bagaikan sebuah jawaban alam semesta atas keinginannya. 

Diceritakannya sebelum dapat peran ini sempat bilang ingin memainkan role di film coming of age dengan karakter yang berjuang untuk kesehatan mentalnya.

Tak lama kemudian dapat kabar untuk memerankan Gloria. 

"Jadi, aku rasa ini jawaban dari semesta," ujar Tatyana.

Dia mengaku bermain sebagai Gloria memiliki tantangan tersendiri.

Sebab, harus belajar logat, menjadi atlet renang, serta (mengungkapkan) emosi yang dirasakan Gloria juga berat sekali.

Ditambah kejar-kejaran dengan jadwal Peparnas (Pekan Paralimpik Nasional) yang jadinya hanya dapat waktu reading tiga hari saja.

Sementara itu, aktor Kevin Royano mengakui tantangan yang dihadapinya untuk memerankan karakter dalam film ini sangat besar dan membuat dirinya takut pada awalnya.

Itu karena peran yang dia mainkan sangat jauh dengan kesehariannya, dari mulai cara berbicara, bahasa, budaya, aktivitas fisik, dan lain sebagainya. 

"Saya sempat berpikir untuk mundur dari project ini karena saya mengira kurang mampu. Namun, saya memutuskan untuk memberikan semuanya yang saya bisa," terang Kevin.

Dia pun berharap film Glo, Kau Cahaya ini bisa menginspirasi siapa pun yang menontonnya.

Edukasi lewat film sangat penting danbisa mengenalkan budaya indonesia yang sangat kaya kepada dunia.

"Saya berharap Film Glo Kau Cahaya bisa memberikan kenangan yang manis untuk penontonnya," ucapnya.

Sementara itu, Monalisa Sembor bersyukur karena bisa terlibat dalam film tersebut. Ini adalah debut perempuan asli Papua tersebut di dunia perfilman.

Sejak awal membaca sinopsis ini, dia mengaku langsung tertarik karena banyak juga anggota keluarganya yang mengikuti Peparnas, sehingga bisa merasakan betul bagaimana perjuangan hidup mereka 

Sementara itu, Wulan Guritno juga mengungkapkan alasannya tertarik terlibat dalam film ini.

Menurut dia, ceritanya keren banget. Tentang seseorang yang mendapatkan sebuah cobaan tetapi kemudian mencoba come out from it, semangat kembali ke dunia sebelumnya dengan keadaan yang sekarang.

Ibu empat anak itu berharap para penonton nantinya mendapatkan sesuatu dari film ini.

Film itu jendela atas kehidupan-kehidupan yang ada, kejadian-kejadian, situasi kondisi yang mungkin tidak alami secara langsung, tetapi kemudian bisa terinformasikan lewat film.

"Sehingga kita bisa menyampaikan sesuatu atau mengedukasi sesuatu lewat sebuah film," ujar wanita keturunan Inggris ini.

Adapun Mamat Alkatiri bercerita bagaimana dirinya memainkan peran yang cukup menantang dalam film ini.

Perannya harus selalu ceria di tengah masalah (yang dihadapi) teman-temannya, serta karakter sebagai seorang rapper yang benar-benar menantang 

Selain menonton film, Gala Premiere 'Glo, Kau Cahaya' nanti di antaranya akan berisi agenda Chit Chat Bersama Media, Meet and Greet Pemain Film, Performance (Tifa Dance), dan Foto Season Tamu UndanganVIP & Talent. 

Setelah Gala Premiere di Bintaro, film ini rencananya akan tayang serentak di seluruh bioskop Indonesia pada 9 Maret 2023. (esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Film Panduan Mempersiapkan Perpisahan Tayang di Bioskop Online, Catat Jadwalnya!


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler