Cerita mengenai usaha penyelamatan 12 remaja klub sepakbola Thailand dan pelatihnya yang terjebak di dalam sebuah gua telah menarik perhatian dunia dalam sepekan terakhir.

Mulai dari usaha petugas bantuan memompa air dari dalam gua sampai dengan keberhasilan mereka membawa keluar delapan anak sejauh ini, apa yang terjadi di utara Thailand ini menjadi pemberitaan media di mana-mana.

BACA JUGA: Pengamat: Hasil Pilkada Berikan Pertanda Baik Bagi Jokowi di Pilpres 2019

Photo: Petugas memompa air keluar dari gua sehingga jalurnya bisa dilalui petugas penyelamat. (Royal Thai Navy)

Photo: Tentara Thailand berusaha memasang pipa untuk mengurangi genangan air di dalam gua. (AP: Sakchai Lalit)

BACA JUGA: Nasib Menggantung Ratusan Anjing Greyhound Australia di Pacuan Macau

Dua belas remaja dan pelatihnya menulis surat pendek kepada keluarga mereka, salah satunya menulis agar orangnya tidak melupakan hari ulang tahunnya, dan yang lain mengatakan merindukan makan ayam goreng dan babi panggang. Photo: Salah satu surat yang ditulis anak-anak yang terjebak kepada orang tua mereka. (Facebook: Thai Navy SEAL)

BACA JUGA: Restoran Korea di Sydney Didenda Karena Telantarkan Pengunjung Mabuk

Orang tua anak-anak tersebut kemudian juga menulis balasan untuk menyemangati mereka.

"Kami tidak marah dengan kamu. Jaga dirimu baik-baik dan jangan lupa menutupi dirimu dengan selimut. Cuaca dingin dan kami khawatir dengan kamu." Photo: Para anggota keluarga berdoa di dekat gua dimana anak-anak mereka terjebak. (AP: Sakchai Lalit)

Photo: Daerah sekitar gua telah ditutup untuk umum guna memudahkan petugas bantuan melakukan tugas mereka. (Reuters: Soe Zeya Tun)

Dua usaha penyelamatan sudah dilakukan sejauh ini, dengan masing-masing berhasil membawa keluar empat orang remaja tersebut. Photo: Dua ambulans meninggalkan areal gua menandakan bahwa ada remaja yang berhasil diselamatkan. (AP: Sakchai Lalit)

Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha telah mengunjungi lokasi kejadian, dan mengatakan bertekad agar insiden seperti ini tidak terjadi lagi di negerinya. Photo: Rombongan yang membawa Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha menuju ke lokasi. (Reuters: Tyrone Siu)

Photo: Warga mengecek perkembangan terbaru mengenai usaha penyelamatan di dekat lokasi pendaratan helikopter di Chiang Rai. (AP: Vincent Thain)

Usaha penyelamatan untuk mengeluarkan anak-anak tersebut sangat sulit.

Beberapa diantara mereka tidak bisa berenang, dan harus diajari teknik dasar penyelaman di tengah kondisi buruk yang sudah merenggut nyawa seorang mantan penyelam dari tim angkatan laut Thailand.

Tim penyelamat terdiri dari 13 penyelam asing dan lima penyelam dari tim elit SEAL Angkatan Laut Thailand.

Pihak berwenang mengatakan anak-anak mengenakan masker oksigen ketika dibawa keluar dari gua. Photo: Siswa di India berdoa bagi keselamatan anak-anak di Thailand tersebut. (AP: Ajit Solanki)

Photo: Siswa di India berdoa di depan karangan bunga yang melambangkan anak-anak yang terjebak di dalam gua di Thailand. (AP: Ajit Solanki)

Doa bersama dan penyalaan lilin dilakukan di Thailand dan di berbagai tempat di Asia, di saat dunia menantikan kabar mengenai usaha menyelamatkan empat anak terakhir dan pelatih mereka. Photo: Anggota tentara Thailand berkumpul sebelum masuk ke dalam kompleks gua Tham Luang dimana anak-anak remaja klub sepakbola Thailand sudah terjebak selama hampir dua minggu. (Reuters: Athit Perawongmetha)

Photo: Relawan dari Australia juga ikut terlibat dalam usaha penyelamatan. (AP: Sakchai Lalit)

Photo: Seorang penyelam asing dengan peralatan yang akan digunakannya untuk operasi bantuan. (Reuters: Athit Perawongmetha)

Photo: Seorang warga Thailand memasang kartu ucapan doa agar anak-anak tersebut selamat. (AP: Sakchai Lalit)

Photo: Teman-teman sekolah anak-anak Thailand berdoa bagi keselamatan mereka yang masih terjebak di dalam gua. (Reuters: Tyrone Siu)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kurangi Kematian Satwa Asli, Tasmania Ujicobakan Aplikasi Ponsel

Berita Terkait