Galon Le Minerale 100% Bebas BPA Berkode Plastik 1

Selasa, 30 Juli 2024 – 20:05 WIB
Galon bekas. Foto: Le Minerale

jpnn.com, JAKARTA - Paparan Bisphenol A (BPA) pada wadah makanan dan minuman perlu menjadi perhatian karena dapat memicu berbagai gangguan kesehatan serius.

Hal ini juga diungkapkan oleh dokter spesialis anak dr. Kanya Ayu Paramastri saat diskusi dalam acara Talkshow Festival Hari Anak Nasional bertajuk Anak Indonesia Sehat Bebas BPA di Taman Anggrek, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta (28/7).

BACA JUGA: Le Minerale Kembali jadi Air Mineral Pilihan F1 Powerboat 2024

Dokter Kanya menjelaskan masih banyak ibu yang kurang paham mengenai BPA dan di mana BPA itu terdapat.

“BPA sering ditemukan dalam wadah kemasan makanan minuman, dan juga pada galon air minum yang biasanya ditandai dengan kode plastik no 7, adalah bahan kimia industri yang digunakan dalam pembuatan plastik polikarbonat dan resin epoksi. Penelitian telah menunjukkan bahwa BPA dapat masuk ke dalam makanan dan minuman, terutama jika kemasan terkena panas atau dipakai berulang dalam jangka waktu lama. BPA berpotensi bahaya jika masuk ke tubuh anak-anak, karena akan terakumulasi hingga mereka dewasa," ujar dr. Kanya.

BACA JUGA: Industri Kripto Sumbang Pajak Rp798,84 Miliar untuk Pembangunan Ekonomi Digital

Potensi dampak negatif BPA ini juga telah menjadi perhatian BPOM dengan disahkannya Peraturan BPOM Nomor 6 Tahun 2024 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan Nomor 31 Tahun 2018, tentang Label Pangan Olahan.

Ada dua pasal tambahan terkait pelabelan risiko BPA pada kemasan AMDK, yaitu 48a dan 61a, dengan tenggat waktu transisi empat tahun bagi produsen untuk melakukan penyesuaian.

BACA JUGA: Indonesia Urban Resilience Forum, Bahas Cara Meningkatkan Ketahanan Kota

Oleh karena itu, dr. Kanya mengajak semua ibu untuk memastikan kemasan plastik yang digunakan, termasuk galon air minum, terbuat dari bahan bebas BPA, dan beralih pada kemasan berbahan PET.

"Jika Ibu-ibu membeli minuman kemasan pastikan selalu kode plastiknya, harus BPA Free. Dilihat simbolnya di bagian belakang kemasan, bahan yang aman digunakan adalah kemasan dengan simbol segitiga berkode nomor 1," serunya.

Sebelumnya, MIMS, sebuah pusat informasi obat resmi kepada para profesional medis di Asia Pasifik, melakukan survey pada 2023 kepada dokter-dokter di Indonesia, hasilnya 10 dari 10 dokter pun setuju bahwa kemasan BPA adalah kriteria galon yang baik untuk keluarga.

Le Minerale merupakan produk AMDK kemasan galon yang menggunakan kemasan BPA Free.

Galon Le Minerale berkode segitiga nomor satu, menggunakan plastik berbahan polyethylene terephthalate (PET), yang menandakan galon Le Minerale 100% Bebas BPA.

"Le Minerale berkomitmen untuk menjaga kesehatan masyarakat Indonesia dengan menghadirkan kemasan galon bebas BPA yang menjadi solusi kesehatan anak dan keluarga," kata Yuna Eka Kristina, Head of Public Relations and Digital Le Minerale.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler