Gamawan Fauzi Tak Hapal Nama Kabupaten

Senin, 12 Maret 2012 – 19:14 WIB

SEJAK kran pemekaran daerah dibuka, jumlah daerah otonom baru membengkak jumlahnya. Saat ini, jumlah provinsi mencapai 33 dan kabupaten/kota mencapai 491 daerah.

Jangankan anak-anak sekolah, Mendagri Gamawan Fauzi sendiri terang-terangan mengaku tak hapal dengan nama-nama kabupaten. Ini karena saking banyaknya.

Nama-nama kabupaten hasil pemekaran pun aneh-aneh. "Saya juga belum hapal. Saat tanda tangan SK (pengangkatan pengesahan bupati baru, red), ini di mana...oh rasa-rasanya di daerah Kalimantan Timur," kata Gamawan Fauzi saat memberikan arahan di acara Rapat Koordinasi Pemerintahan Kabupaten/Kota se-Sumut di Medan, Senin (13/3)

Dia memberi contoh nama kabupaten baru hasil pemekaran di NTT. "Apa itu? Ada yang Kabupaten Timur Tengah Tenggara," imbuh Gamawan.

Dia mengatakan, di era reformasi ini, sudah terbentuk 205 daerah otonom baru. Dan usulan baru yang sudah antre di Kemendagri, jumlahnya 181 usulan pemekaran. Dia meminta para kepala daerah tidak sembarangan memproses usulan pemekaran.

"Saya minta istirahat dulu, moratorium," imbuhnya.

Menteri berkumis tebal itu memberi contoh Kabupaten Maybrat, yang jumah penduduknya hanya enam ribu. Bahkan, ada usulan Kabupaten Maybart di Papua Barat itu dimekarkan lagi menjadi tiga kabupaten, dengan alasan di sana ada tiga suku besar.

"Lah, kalau dimekarkan jadi tiga, penduduk kabupatennya hanya dua ribu," katanya sembari tertawa. (sam/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Moratorium Remisi Perlu Ubah UU


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler