Gandeng CJ, SKLT Bangun Pabrik Baru

Anggarkan Dana USD 1,6 Juta

Kamis, 26 Mei 2011 – 21:20 WIB
SURABAYA - PT Sekar Laut Tbk melakukan ekpansi usahaPerusahaan dengan merek dagang Finna itu bakal mendirikan anak usaha baru dengan menggandeng perusahaan asal Korea Selatan, Cheil Jedang (CJ).

"Penandatangan kerjasama telah dilakukan Maret lalu

BACA JUGA: IndoAutomotive Bidik Rp 30 Miliar

Pembicaraan joint venture ini telah terjalin sejak November lalu," ungkap Direktur PT Sekar Laut, Tbk Tjahjono Haryono di sela public expose RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) Tahunan, kemarin.

Tjahjo mengatakan bakal ada dua anak usaha baru di bawah Sekar Laut yakni, PT Sekar Cheil Jedang Manufacturing dan PT Cheil Jedang Lestari Distrindo
"Sekar Cheil Jedang ke manufakturnya, sedangkan Cheil Jedang Lestari bidang usahanya distribusi," paparnya.

Sehingga, emiten berkode SKLT itu bakal mempunyai tiga anak usaha

BACA JUGA: Telkom Naikkan Bandwith Bertahap

Sebelumnya, hanya PT Pangan Lestari
Tjahjo menyebut pabrik baru bakal memproduksi tepung bumbu, saus, dan bumbu masak dengan pasar yang disasar domestik

BACA JUGA: Menang Tender, Adaro Ikut Garap PLTU Jateng

"Untuk merek belum ditentukan namanya," cetusnya.

Lokasi usaha baru ini tidak jauh dari pabrik Sekar Laut, yaitu di kawasan Jenggolo, SidoarjoLuasnya mencapai dua ribu meter persegi"Pada akhir semester pertama pabrik sudah bisa beroperasi," ujarnya.

Direktur Keuangan PT Sekar Laut, Tbk John Gozal menambahkan kelompok bisnis produk konsumen yang berbasis di Sidoarjo Jawa Timur, investasi untuk mengembangkan usaha baru sekitar USD 1,6 juta atau setara dengan Rp 14,2 miliar"Baik Cheil Jedang dan Sekar Laut menyetor sama rata," tuturnya.

John mengakui dana ekspansi SKLT berasal dari internalMereka  mengalokasikan seluruh laba bersih 2011 sekaligus laba ditahan sepanjang kurang lebih satiu dasawarsa"Kami mengalokasikan 71,4 persen laba 2010 atau sekitar Rp 3,42 miliarKekurangannya diambil dari laba ditahan perseroan yang mencapai Rp 27 miliar," paparnya.

Dengan tambahan anak usaha ini, SKLT  menargetkan penjualan tahun ini tumbuh 10 persen banding 2010Akhir tahun lalu, penjualan bersih tercatat Rp 314,1 miliar atau meningkat 13,7 perseb banding 2009Sementara, hingga kuartal I/2011 telah membukukan Rp 77,2 miliar"Kami proyeksikan sampai akhir tahu bisa sampai Rp 350 miliar penjualan bersih," ujarnya.

John mengatakan, kinerja perusahaan terdongkrak, sisi pasar eksporTahun lalu, volume penjualan produk untuk ekspor naik sampai 30 persenIni merupakan dampak membaiknya krisis global"Komposisi produksi untuk lokal dan luar neger fifty-fifty," ujarnya.

Pada RUPS itu juga mengumumkan Sekar Laut membagikan dividen kepada pemegang sahamnya untuk kali pertama dalam satu dekadeEmiten berkode SKLT tersebut memutuskan membagikan 28,6 persen dari laba bersih 2010 sebagai dividen"Deviden yang kami bagikan sebesar Rp 2 per saham dengan total Rp 1,38 miliar," katanya.

Perusahaan yang bergerak di bidang produksi makanan ini membukukan laba bersih Rp 4,8 miliar pada tahun lalu.  Nilai itu menurun dibandingkan capaian tahun buku 2009 di mana laba bersih perseroan tercatat Rp 12,8 miliar"2009, laba kita tahan semua sebagai tambahan cadangan yang menurut peraturan 20 persen dari modal setorKarena, cadangan sudah sesuai aturan maka, kita membagi deviden," pungkas John(dio/ito/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bangun Hotel, Intiland Investasi Rp 140 M


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler