Gandeng UI, Daewoong Bangun Laboratorium Bioanalitik Pertama di Indonesia

Minggu, 21 Agustus 2022 – 07:20 WIB
Laboratorium Bioanalitik. Foto: Daewoong Fondation

jpnn.com - Jakarta - Daewoong Foundation meresmikan laboratorium Bioanalitik UI-DF hasil kerja sama dengan Universitas Indonesia (UI).

Laboratorium tersebut untuk mengaktifkan riset bio di Indonesia dan menumbuhkan bakat-bakat di bidang bio.

BACA JUGA: Daewoong Global DDS Training Program Cetak Belasan Apoteker Andal

Laboratorium Bioanalitik yang terletak di lantai empat Gedung Laboratorium dan Pusat Penelitian Terpadu UI dengan luas 336 m2 itu merupakan laboratorium bioanalitik pertama di Indonesia.

Laboratorium tersebut dirancang sesuai standar ketat GLP (Good Laboratory Practice).

BACA JUGA: Mapala UI Mengampanyekan Pendakian Netral Karbon, Ternyata Ini Maksudnya

Ruang penelitian itu bertujuan untuk menganalisis produk obat-obatan protein biologis, medis, dan rekombinan dengan berbagai peralatan analisis yang mutakhir.

“Daewoong Foundation senang dapat mendorong perkembangan industri bio Indonesia dengan mendirikan laboratorium bioanalitik pertama, bekerja sama dengan UI, universitas terbaik di Indonesia,” ujar Presiden Direktur PT Daewoong Infion Chang Woo Suh dalam keterangannya, Minggu (21/8).

BACA JUGA: Daewoong Pharmaceutical Merilis Obat GERD di Indonesia

“Kami berharap dapat terus bekerja menuju pengembangan dengan membangun infrastruktur penelitian dan mendukung individuindividu berbakat."

Keberadaan laboratorium itu juga bertujuan untuk merevitalisasi penelitian di bidang Bioteknologi di Indonesia dan berkontribusi dalam membina bio-talenta dengan melakukan penelitian di fasilitas terbaik.

Sejak 2018, Daewoong Foundation telah berkontribusi dalam pengembangan industri bio Indonesia dengan mendirikan dan mengoperasikan laboratorium biofarmasi di UI.

Laboratorium bioanalitik yang baru dibuka itu diharapkan dapat digunakan dalam berbagai penelitian kolaboratif untuk organisasi nirlaba, lembaga pemerintah, dan swasta yang membutuhkan penelitian terkait.

Daewoong Foundation juga secara aktif mendukung pengembangan talenta di Indonesia sejak 2013.

Telah menyelenggarakan berbagai program pelatihan dan memberikan beasiswa senilai Rp 6,9 miliar kepada sekitar 530 mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Padjajaran (Unpad). (rdo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Daewoong Pharmaceutical Gelar Global DDS Training Program, Diikuti 10 Mahasiswa Indonesia


Redaktur & Reporter : M. Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler