Ganjar-Airlangga Berpotensi Diusung di Pilpres 2024 jika KIB dan PDIP Bergabung

Sabtu, 12 November 2022 – 10:42 WIB
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah) bersama Plt Ketua Umum DPP PPP Mardiono (kiri) dan Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan. Foto: Dok. KIB

jpnn.com - Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) belum juga mengungkapkan nama calon presiden (capres) yang didukung pada Pilpres 2024 mendatang.

Selepas pertemuan KIB di Makassar, Sekjen DPP PAN Eddy Soeparno mengungkapkan akan ada kejutan di pertemuan KIB selanjutnya, yakni bisa terkait pengumuman capres KIB atau partai baru yang akan bergabung.

BACA JUGA: PDIP Belum Punya Jawara buat Pilkada Jakarta 2024, Ada yang Ditunggu

PAN juga mengaku tengah menjalin komunikasi dengan partai lain untuk memperkuat KIB.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah menilai sikap politik KIB itu terkait belum ada tokoh yang menonjol dari internal KIB yang bisa dimajukan sebagai capres dan bersaing dengan kandidat lain.

BACA JUGA: PAN Goda PKS dan Demokrat Masuk Barisan KIB, Yandri: Bukan Upaya Jegal Anies

"Lamanya waktu KIB menentukan arah konkret koalisi bisa karena dua faktor. Pertama; tidak ada tokoh menonjol di KIB yang cukup kuat dijadikan capres, sehingga diperlukan tokoh di luar koalisi. Namun, harus sepengetahuan dan restu Jokowi,” terang Dedi, Jumat (11/11/2022).

Meski demikian, Dedi juga mengungkapkan kemungkinan KIB akan segera memilih capres mengingat sudah ada dua nama yang hampir dipastikan maju di Pilpres 2024.

BACA JUGA: Elektabilitas Airlangga Tinggi di Kalangan Pemilih Perempuan, Dave Laksono Bilang Begini

Kedua, menurut dedi, saat ini sudah terlihat lebih jelas dua tokoh kemungkinan terusung, Prabowo dan Anies. Oleh karena itu, KIB bisa saja mulai menentukan pilihan siapa yang akan diusung.

Menurut Dedi, kejutan KIB juga bisa dimaknai sebagai deklarasi nama Ganjar Pranowo sebagai capres yang diusung KIB dan PDIP ketika keduanya berkoalisi.

KIB juga sangat mungkin untuk mengajukan Ketum Golkar Airlangga Hartarto sebagai pendamping Ganjar.

“Kejutan itu kemudian mengarah pada dua hal pula, mengenalkan tokoh Capres dan mitra baru, tokoh dan mitra baru itu bisa saja Ganjar Pranowo dan PDIP. Sementara KIB akan mengisi Cawapres, dan itu pilihan terbaiknya adalah Airlangga Hartarto,” pungkas Dedi.

Kekompakan

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi mengatakan KIB memang tengah intensif menyiapkan pertemuan demi pertemuan.

“Pertemuan itu masih dijadwalkan, pasti kita akan melakukan pertemuan-pertemuan untuk mematangkan rencana kita,” kata pria yang akrab disapa Awiek, Jumat (11/11).

Awiek menegaskan bahwa KIB akan makin intensif bertemu jika makin mendekati pemilu.

“Makin mendekati pemilu, semakin mendekati pengumuman calon presiden, semakin visi misi dipertajam, tentu kekompakan makin nyata, itu modal bagi KIB,“ ujar Awiek.

Sementara itu, dikabarkan ada partai baru yang akan bergabung di KIB.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan dirinya sudah bertemu dengan sejumlah elite partai. Namun mengenai siapa, mungkin itu nanti kejutannya.

Yang pasti KIB tidak ingin terburu-buru dalam menentukan Capres dan Cawapres mereka. Mengenai capres-cawapres yang akan diusung, Airlangga mengatakan KIB enggan buru-buru.

Menurut Awiek, Airlangga masih banyak waktu sebelum pendaftaran peserta Pilpres 2024.

"Kami targetnya tentu menjelang waktu (pendaftaran peserta Pilpres 2024), tetapi tidak akan di detik-detik terakhir,” tegas Airlangga.(fri/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler