Ganjar Minum Kopi Bareng Masyarakat di Lereng Merapi, Bahas Potensi Wisata

Sabtu, 30 Juli 2022 – 20:20 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat minum kopi di kawasan lereng Gunung Merapi, Boyolali. Dok tim media Ganjar.

jpnn.com, BOYOLALI - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengunjungi Desa Samiran, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali. Dia menghabiskan sore harinya dengan menyeruput kopi bersama masyarakat di lereng Gunung Merapi dan Merbabu.

“Saya coba kopi dari lereng Merapi ini dari Selo. Terus kemudian buat (teknik) vietnam drip ternyata enak," kata Ganjar dalam siaran persnya, Sabtu (30/7).

BACA JUGA: Santri Dukung Ganjar Lampung Gelar Doa dan Selawat Bersama Untuk Indonesia

Kedatangan Ganjar ke Desa Samiran untuk menghadiri acara ramah tamah bersama warga Selo bertema Ngopi Gunung, yang diiringi lantunan musik jazz yang turut ditampilkan band setempat.

Dalam kegiatan tersebut, Ganjar berdialog untuk membahas potensi wisata di Kecamatan Selo, khususnya potensi desa wisata.

BACA JUGA: Pesan Ganjar Kepada Para Atlet yang Bertanding di ASEAN Para Games 2022

Ganjar menyebut potensi wisata di sana cukup banyak dengan kuliner khas yang bisa disajikan.

Apalagi kopi khas Selo yang sangat mungkin untuk bisa dikembangkan lebih luas lagi.

BACA JUGA: Ganjar Apresiasi Pengelolaan Ekowisata Mangrove Muara Kali Ijo

Menurut Ganjar, sejuknya udara Selo cocok dipadukan dengan minuman kopi khas setempat. Diharapkan juga makin banyak wisatawan lokal dan internasional yang berkunjung ke Selo.

"Di Selo, di lereng Merapi ini menarik banyak daerah-daerah eksotis, tempatnya indah. Ada desa wisata Sanjaya, kopinya warna-warni artinya banyak dari macam-macam kopi yang tumbuh enak di sini," ujar Ganjar.

Namun, Ganjar memberi catatan agar potensi-potensi yang ada di Selo diberi pendampingan dan bantuan agar pengembangannya lebih baik.

Contohnya pengembangan homestay yang dibangun di sekitar desa wisata yang ada. Ganjar menyebut masih ada standarisasi yang harus dipenuhi.

“Homestay juga mulai dibuat, sekitar 300-an yang ada di sini. Tapi saya cek, harus ada standarisasi yang harus dilakukan," kata Ganjar. (cuy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ganjar Pranowo Minta Kawasan Ekowisata Mangrove di Kebumen Dibenahi


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler