Ganjar Pranowo jadi Magnet Kuat untuk Parpol

Senin, 05 Juni 2023 – 22:32 WIB
Ganjar Pranowo dalam acara deklarasi dukungan Barisan Soekarnois. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Sudut Demokrasi Riset dan Analisis (SUDRA) Fadhli Harahab menilai bakal capres Ganjar Pranowo bakal jadi magnet bagi partai politik dan kelompok relawan.

Kondisi itu akan menguntungkan Ganjar jika kedua elemen tersebut bersinergi.

BACA JUGA: SMRC: Ganjar Berpeluang Tingkatkan Elektabilitas, Prabowo Cenderung Bakal Turun

Fadhli menyebut Ganjar Pranowo jadi magnet sejak dideklarasikan PDI Perjuangan sebagai bakal calon presiden.

Tak hanya itu, dukungan sudah mengalir jauh sebelum itu. 

BACA JUGA: Bagi Ganjar Pranowo, DKI Jakarta Memang Berbeda

Hal tersebut artinya, masyarakat menilai figur Ganjar memang layak ikut berkompetisi di Pilpres 2024, terlebih sudah didukung oleh banyak parpol. 

"Menjadi catatan, para relawan yang mendukung Ganjar untuk terus mengawal, bukan karena hal lain. Semestinya dukungan itu karena memang kelayakan Ganjar, ide dan gagasan beliau untuk Indonesia semakin baik," kata Fadhli.

BACA JUGA: Survei SMRC: Tingkat Kesukaan Publik ke Ganjar Capai 82 Persen

Menurut Fadhli, di atas kertas, seharusnya kehadiran relawan menambah elektabilitas Ganjar, meski itu tidak mutlak.

Untuk mewujudkan itu, perlu sukarelawan yang bekerja keras untuk turun dan meyakinkan individu-individu agar memilih Ganjar pada Pilpres 2024.

"Sinergitas parpol dan sukarelawan itu wajib. Solid dan totalitas menginfiltrasi basis massa pemilih mesti dimiliki kader dan relawan untuk bisa meyakinkan pemilih, karena mereka pemilik suaranya. Kalau sekadar membangun image dan pencitraan sudah selesai itu. Capres sudah ada tiga paslon yang sampai saat ini punya peluang berlaga," ujar Fadhli.

Politikus Partai Hanura Inas Nasrullah mengatakan kemunculan kelompok sukarelawan akan memberi dampak bagi capres untuk mendekati simpul-simpul pemilik suara.

Kelompok sukarelawan harus benar-benar merapat kepada grassroot untuk berdiskusi tentang berbagai persoalan dan mengarahkan solusi dan harapan kepada figur yang didukung yakni Ganjar Pranowo. 

"Oleh karena itu, relawan-relawan yang bergabung dengan Ganjar, harus benar-benar memiliki struktur hingga ke grassroot agar dapat meningkatkan elektabilitas Ganjar. Para relawan harus dibekali informasi yang benar tentang Ganjar Pranowo dari sisi rekam jejaknya hingga visi misi , sehingga mampu berkomunikasi dengan baik kepada grassroot," ujar Inas. (flo/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler