Ganjar Pranowo Targetkan 100 Persen

Vaksinasi Lansia di Jawa Tengah

Rabu, 26 Mei 2021 – 15:10 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menargetkan cakupan vaksinasi Covid-19 untuk lanjut usia (lansia) di Jateng naik menjadi 100 persen dalam pekan ini.

"Kami selama dua minggu ini telah memantau. Kami mohon kawan-kawan di kabupaten/kota, khusus untuk lansia minggu ini kami naikkan 100 persen,” kata Ganjar dikutip dari keterangan resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Rabu (26/5).

BACA JUGA: Kirim Bingkisan Istimewa, Bambang Ucap Terima Kasih untuk Pak Ganjar

Ganjar mendorong semua daerah di Jateng menyiapkan ketersediaan data sasaran vaksinasi yang akurat.

Kemudian, metode vaksinasi yang efisien dan efektif, serta memastikan ketersediaan stok vaksin Covid-19 aman.

BACA JUGA: Berkat Kebaikan Hati Pak Ganjar, Lukisan Ini Diterima Ibu Megawati

"Semuanya kami siapkan, sehingga nanti di bulan Juni-Juli kami bisa gaspol, Juli-Agustus harus mencapai 300 persen,” kata Ganjar.

Lebih lanjut Ganjar menyatakan Gebyar Vaksinasi Lansia (GVL) yang digelar Kemenkes di Kabupaten Grobogan, Jateng, dapat memicu semangat seluruh daerah di provinsinya untuk menggencarkan vaksinasi Covid-19 khususnya bagi kelompok lansia.

BACA JUGA: Pak Oscar Memuji Cakupan Vaksinasi Lansia di Jawa Tengah

“Kepada Kemenkes, terima kasih sekali Grobogan sudah dipilih, Jawa Tengah sudah dipilih,” ucap Ganjar.

Bupati Grobogan Sri Sumarni menyatakan siap membantu mendukung dan meningkatkan capaian vaksinasi lansia di Jateng dan nasional.

“Kami akan terus melakukan edukasi yaitu dengan kunjungan ke rumah-rumah serta mendekatkan pos vaksinasi lansia di desa bahkan hingga tingkat RT dan RW. Jadi, lansia tidak perlu pergi jauh ke fasilitas kesehatan,” tutur Sri.

Sri mengatakan untuk faskes yang melayani vaksinasi, Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan sudah menyiapkan delapan rumah sakit, 30 puskesmas dan dua klinik.

Untuk diketahui, Kemenkes melalui Direktorat Kesehatan Keluarga meresmikan Gebyar Vaksinasi Lansia (GVL) di Kabupaten Grobogan, Jateng, Selasa (25/5).

Sekretaris Jenderal Kemenkes Oscar Primadi mengatakan program ini bertujuan untuk mempercepat peningkatan cakupan vaksinasi lansia.

"Dengan Gebyar Vaksinasi Lansia ini, kami melakukan gerakan bersama yang jauh lebih masif dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat dan stakeholder terkait agar makin banyak lansia yang divaksinasi," ujar Oscar.

Kemudian, Oscar mengimbau masyarakat dan kepala daerah untuk memastikan lansia di wilayahnya telah menerima vaksin Covid-19.

"Untuk itu, saya berpesan kepada keluarga khususnya anak dan kerabat dari para lansia, tokoh agama, tokoh masyarakat agar terus memotivasi para lansia supaya bersedia divaksinasi," imbaunya. (mcr9/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur & Reporter : Dea Hardianingsih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler