Ganjar Tak Akan Biarkan Jakarta Tenggelam Meski Ibu Kota Pindah ke Kalimantan

Rabu, 11 Oktober 2023 – 22:31 WIB
Bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo. Dok: Tim media Ganjar.

jpnn.com, BANDUNG - Bacapres 2024 Ganjar Pranowo memastikan dirinya tidak akan membiarkan Jakarta nantinya tenggelam setelah pemerintah memintahkan ibu kota negara ke Kalimantan.

Pernyataan itu disampaikan Ganjar ketika menjawab pertanyaan salah satu mahasiswa Universitas Kristen Maranatha Bandung.

BACA JUGA: Ponpes Tahfiz Surro Man Roa Terima Bantuan Pembangunan Ruang Kelas dari Santri Ganjar

Pada momen tersebut, Ganjar hadir memenuhi undangan sebagai pembicara kuliah umum, Rabu (11/10).

"Pak, katanya ibu kota mau pindah ke Kalimantan ya. Kalau Bapak jadi Presiden, kan nanti di sana. Terus Jakarta bagaimana nasibnya? Apakah tidak akan diperhatikan dan dibiarkan tenggelam?" tanya Desy, salah satu mahasiswa ke Ganjar.

BACA JUGA: Di Hadapan Ribuan Mahasiswa, Ganjar Ungkap Cara Ampuh Berantas Kemiskinan

Sontak saja pertanyaan itu membuat mahasiswa tertawa. Namun, Ganjar mengapresiasi Desy yang bertanya atas kegelisahannya selama ini.

"Mungkin ini tidak hanya jadi kegelisahan Desy lho ya, tetapi beberapa masyarakat lain di Indonesia. Tenang Desy, meskipun ibu kota pindah ke Kalimantan, Jakarta tentu saja tidak akan ditinggalkan," kata Ganjar.

BACA JUGA: Ustaz Sahabat Ganjar Gotong Royong Bersihkan Lingkungan di Medan

Ganjar menyebut Ibu Kota Nusantara merupakan keputusan yang sudah ditetapkan pemerintah dan DPR. Maka, tugas selanjutnya adalah melanjutkan dan merencanakan dengan baik.

"Pertanyaannya sekarang begini, apakah ketika ibu kota di Jakarta, daerah lain ditinggalkan? Kan tidak. Pak Jokowi membangun semua daerah, tol trans Sumatera dibangun, trans Papua dibangun dan lainnya," kata Ganjar di hadapan ribuan mahasiswa yang hadir.

Ganjar lantas menyinggung soal Jakarta yang terancam tenggelam. Dia menyebut sejak lama pemerintah sudah berupaya melakukan penindakan. Sejumlah proyek besar dibuat untuk melindungi Jakarta dan daerah sekitarnya agar tidak tenggelam.

"Sekarang sedang dilakukan penindakan di Jakarta. Pengambilan air tanah dikurangi, lingkungan dirancang dengan baik dan dibangun proyek lain untuk melindungi Jakarta," ujar dia.

Sejumlah ahli juga telah diterjunkan untuk mengantisipasi kerusakan lingkungan di Jakarta dan sekitarnya. Termasuk daerah pantura yang juga terancam.

"Semua dilakukan agar kerusakan lingkungan tidak makin parah. Jadi, jangan khawatir, kami tidak akan membiarkan Jakarta tenggelam," pungkas Ganjar. (cuy/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ganjar Pranowo Punya Modal Sosial dan Politik Kuat untuk Merumuskan Kebijakan Luar Negeri


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler