Gantari: The Final Journey to Java, Hadirkan Mahakarya Pesona Batik Nusantara  

Kamis, 07 Oktober 2021 – 07:30 WIB
Pagelaran busana Gantari : The Final Journey to Java yang akan diselenggarakan pada Sabtu (9/10) pukul 19.30 WIB bisa disaksikan secara online. Foto: Kemenparekraf

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama LAKON Indonesia dan Jakarta Fashion & Food Festival (JF3) akan menyelenggarakan pagelaran busana Gantari : The Final Journey to Java, Sabtu (9/10) pukul 19.30 WIB.

Di event yang digelar untuk memeriahkan Hari Batik Nasional sekaligus penutup rangkaian acara JF3 2021 itu, kita bisa menyaksikan mahakarya dari para pengrajin batik.

BACA JUGA: JF3 2021, Tren Baru Festival Fesyen di Masa Pandemi

Kegiatan ini merupakan kelanjutan pagelaran busana Pakaiankoe yang telah digelar pada 15 November 2020 lalu di SCBD, Jakarta.

Bedanya, LAKON Indonesia kali ini akan mempresentasikan koleksi yang lebih matang, berupa 100 pakaian siap pakai yang diperagakan oleh 100 orang model.

BACA JUGA: Kemenparekraf Gelar Program Apresiasi Kreasi Indonesia 2021

Beragam koleksi yang akan ditampilkan nanti mengangkat hasil karya pengrajin profesional, berupa kain batik, jumputan, dan tenun lurik dengan bahan serat natural yang sangat cocok dipakai untuk iklim tropis Indonesia.

Seluruh kain tersebut merupakan hasil kolaborasi LAKON Indonesia dengan para pengrajin di daerah Jawa.

BACA JUGA: Bioskop Mulai Dibuka, Sandiaga Uno Ingin Industri Perfilman Bangkit

Para pengrajin ini tidak hanya dibina, melainkan juga dibantu melakukan berbagai eksperimen, diberikan ilmu dan pandangan baru untuk menghasilkan karya yang lebih baik.

“Kami juga ingin menyampaikan semangat bahwa pandemi ini tidak melemahkan, melainkan menyatukan kita untuk dapat bergerak bersama dalam membuat pembaharuan yang akan terus menguatkan Indonesia,” ujar Thresia Mareta, pendiri LAKON Indonesia.

Rangkaian acara menarik yang digelar secara offline dan online itu juga akan dihadirkan, seperti video presentasi ‘Metamorfosa’ dan pertunjukan wayang kulit.

Acara offline akan diselenggarakan di komplek Candi Prambanan, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan membatasi jumlah penonton dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Untuk acara online akan ditayangkan melalui akun Instagram LAKON Indonesia, Pesona Indonesia (@pesonaid_travel) maupun kanal Youtube LAKON Indonesia dan Kemenparekraf.

Catat waktunya dan jangan sampai ketinggalan, ya! Sabtu, 9 Oktober 2021, pukul 19.30 WIB.

Untuk hadir secara langsung di Candi Prambanan, pastikan sudah vaksin dan jangan lupa selalu patuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 6M, mulai dari menggunakan masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, membatasi mobilitas, dan menghindari makan bersama.

Informasi menarik seputar ekonomi kreatif lainnya juga bisa didapatkan dengan cara follow akun IG @pesonaid_travel, Facebook : @pesonaid_travel, dan kunjungi website www.indonesia.travel. (mrk/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler