Gantikan Anis, Sohibul Iman Diminta Kawal Kasus Century

Selasa, 12 Februari 2013 – 14:25 WIB
JAKARTA - Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menunjuk Mohamad Sohibul Iman sebagai Wakil Ketua DPR RI menggantikan Muhammad Anis Matta. Hal ini telah disetujui Dewan Pimpinan Tingkat Pusat (DPTP) PKS.

Ketua Fraksi PKS, Hidayat Nur Wahid menerangkan, pada pemilu legislatif tahun 2009, Sohibul terpilih sebagai anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan DKI 2.

Setelah ditunjuk sebagai pengganti Anis Matta, kata Hidayat, fraksi PKS berpesan agar Sohibul meningkatkan komitmen dan citra DPR yang dipercaya rakyat untuk menjadi lembaga perwakilan yang pro rakyat, keuangan yang akuntabel serta kinerjanya profesional.

"Kami minta beliau (Sohibul) menegaskan kebijakan politik yang berorientasi mewujudkan Anggaran Pendapatan Belanja Negara yang jauh kongkalingkong, korupsi maupun keterlambatan dalam penyerapan anggaran," kata Hidayat pada saat jumpa pers di ruang fraksi PKS, DPR, Jakarta, Selasa (12/2).

Bukan hanya itu, Sohibul pun mempunyai misi khusus dari pimpinan fraksi. Hidayat menjelaskan, Sohibul diminta mengawal dan menuntaskan kasus Dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) untuk Bank Century yang diperkirakan merugikan uang rakyat hingga Rp6,7 triliun.

Anis Matta mundur dari jabatannya sebagai Wakil Ketua DPR RI setelah terpilih menjadi Presiden PKS. Menurut Hidayat, mundurnya Anis Matta menunjukan PKS sebagai partai yang menjalankan tradisi politik yang baik. Karena presiden partai tidak melakukan rangkap jabatan sebagai pejabat publik dan pejabat teras di partai.

"Hal itu dilakukan agar mendapat fokus menjalankan amanah partai, menghindari terjadinya konflik kepentingan, dan menghadirkan kader-kader baru untuk kepemimpinan nasional," ucap Hidayat.

Ia menerangkan, fraksi telah mengurus persyaratan-persyaratan administratif penggantian wakil ketua DPR. Persyaratan itu akan diserahkan ke pimpinan DPR. "Diharapkan Sohibul Iman bisa dilantik dalam waktu dekat agar dapat melanjutkan dan bersama-sama dengan pimpinan DPR yang lain memperjuangkan lembaga pro rakyat, amanah dan profesional," ujarnya. (gil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tersangka Korupsi, Dirut PT Sang Hyang Seri Dicopot

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler