Garuda Diminta Angkut Kontingen Indonesia ke London

Selasa, 17 Juli 2012 – 23:04 WIB

JAKARTA - Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia (GA), diminta tetap menerbangkan atlet Indonesia yang akan mengikuti olimpiade di London, Inggris. Hal itu dikatakan mantan Wakil Ketua Komisi X DPR, Abdul Hakam Naja, menanggapi batalnya GA mengangkut kontingan Olimpiade RI ke London.

Hakam menyatakan, sebaiknya pihak Garuda menyediakan fasilitas bagi kontingen atlet Indonesia ke mancanegara. Sebab, menurutnya, GA adalah maskapai penerbangan nasional terbesar dan milik negara.

Memang, menurut Hakam, saat ini masih ada problem regulasi yang harus dipatuhi oleh GA untuk masuk ke London. Namun, Garuda masih boleh landing di Amsterdam, Belanda. Letak kedua Negara itu tidak terlalu jauh. Karena itu, menurut Hakam, demi menghemat anggaran negara, sebaiknya GA tetap menerbangkan kontingen atlet Indonesia.

“Nantinya kan tiket yang dibeli bisa dikembalikan pada negara,” kata Hakam, di Jakarta, Selasa (17/7).

Dia menambahkan, apapun keputusan yang telah diambil oleh KOI terkait teknis keberangkatan kontingen Indonesia ke olimpiade, sebaiknya tidak merugikan para atlet. “Atlet kita harus diberikan dukungan penuh agar hasilnya maksimal di olimpiade nanti, dan berhasil membawa emas,” ujarnya.

Sementara Anggota Komisi X DPR dari fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Reni Marlinawati Amin, menyayangkan sikap GA yang enggan memberikan dukungan terhadap kontingen Indonesia untuk mengikuti olimpiade di London. Menurutnya, sikap itu bertentangan dengan semangat nasionalisme yang harusnya diutamakan GA sebagai BUMN.

"Kalau sikapnya seperti itu, GA lupa akan fungsinya sebagai BUMN. Seharusnya, tanpa diminta pun Garuda menawarkan diri untuk ikut serta mendukung Indonesia di olimpiade sebagai bentuk keberpihakan terhadap kepentingan nasional," tegasnya.

Terakhir, Reni Marlinawati Amin menyarankan agar Kemenpora mengirimkan surat resmi ke kementerian BUMN meminta Garuda memberikan dukungannya terkait keikutsertaan kontingen Indonesia di olimpiade. (fas/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pato Terancam Absen ke Olimpiade


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler