Garuda Optimalkan Potensi Umrah

Sabtu, 15 Desember 2012 – 15:42 WIB
JAKARTA – Jumlah jamaah umrah dari Indonesia tahun depan diperkirakan mencapai 1 juta orang. Ini meningkat dua kali lipat dari angka tahun ini yang mencapai 500.000 orang. Kenaikan signifikan ini terjadi sejalan dengan perbaikan tingkat kesejahteraan masyarakat.
 
Peluang ini dimanfaatkan Garuda Indonesia dengan menawarkan paket pariwisata murah untuk umrah, haji dan wisata Islami lain selama gelaran International Islamic Expo 2012 di JCC, Jakarta, 14-16 Desember 2012. Dalam menggelar expo ini, Garuda bekerja sama dengan Bank Mandiri dan Alia Convex.

Maskapai penerbangan pelat merah ini melibatkan juga para sellers dan buyers serta asosiasi wisata dari berbagai negara seperti, Arab Saudi, Uni Emirate Arab, Jordania, Mesir, Turki, Syria, Palestina, Uzbekistan, China, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, dan Indonesia.

Direktur Strategi, Pengembangan Bisnis, dan Manajemen Resiko Garuda Judi Rifajantoro kemarin mengatakan, pengunjung International Islamic Expo diberikan berbagai penawaran menarik. Mulai dari harga khusus untuk paket perjalanan haji dan umrah, hingga wisata Islami ke berbagai tujuan.

Garuda juga memberikan diskon menarik untuk tiket domestik maupun internasional untuk seluruh kelas. Selain itu, selama pameran berlangsung, Garuda Indonesia menyiapkan program best deal untuk para pengunjung.’’Ini merupakan salah satu komitmen dan upaya Garuda  bagi pengembangan pariwisata Indonesia, khususnya wisata keagamaan,” kata Judi. Dia berharap, ini bisa dimanfaatkan masyarakat dan penyelenggara perjalanan ibadah haji dan umrah di Tanah Air.
 
Direktur Jenderal Haji dan Umrah Kementerian Agama Anggito Abimanyu optimistis wisata keagamaan akan semakin bergairah ke depan. Menurutnya, sejumlah hal memungkinkan kenaikan dua kali lipat jamaah umrah Indonesia tahun depan.

’’Pendapatan per kapita Indonesia terus meningkat. Maka, kemampuan warga Indonesia untuk melakukan umrah pun naik,” kata Anggito. Faktor lainnya, lanjut ekonom dari UGM ini, karena antrean untuk mendapat giliran naik haji semakin lama, bahkan bisa menunggu sampai 10 tahun ataupun lebih. Maka, banyak warga yang pilih melakukan umrah lebih dulu.

Menurutnya, tren Islamic tourism yang semakin kuat merupakan hal yang positif. Sebab, sembari beribadah, seseorang meluangkan waktu bersama keluarga. Beragam tujuan wisata Islami pun bisa dikenalkan lebih baik kepada masyarakat lewat gelaran International Islamic Expo ini. (dri)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Pocari Sweat Hadirkan Kemasan Baru

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler