Gatot Diuntungkan Keadaan

Kamis, 07 Maret 2013 – 06:59 WIB
JAKARTA - Posisi Gatot Pujo Nugroho sebagai calon incumbent disebut punya pengaruh besar dalam mendulang suara dalam pilgub Sumut yang pencoblosannya digelar hari ini (7/3).

Menurut Koordinator Komite untuk Pemilih Indonesia (TePI) Jeirry Sumampow, di saat pasangan calon yang lain tidak ada yang menonjol, di pilkada mana pun, calon incumbent yang berada di atas angin.

"Situasi yang sekarang menguntungkan Gatot sebagai calon incumbent karena tidak ada calon lain yang menonjol," ujar Jeirry  kepada JPNN kemarin (6/3).

Jeirry mengaku mengikuti dua kali debat calon yang ditayangkan langsung televisi. Katanya, susah untuk mencari perbedaan program-program yang dibawa kelima pasangan calon.

"Tak jelas apa yang akan mereka lakukan untuk Sumut dalam lima tahun ke depan. Yang beda hanya kata-kata saja, isinya sama. Dalam situasi seperti ini, calon incumbent diuntungkan," ulasnya.

Karenanya, Jeirry mengaku tidak kaget dengan hasil survei dua lembaga, yakni Lingkaran Survey Indonesia (LSI) dan Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis)-Indomatrix, yang menempatkan Gatot-T Erry di posisi teratas.

Faktor lain yang memberi peran besar bagi raihan suara Gatot adalah mesin politik PKS, yang hingga sekarang dikenal lebih solid dibanding partai-partai lain. "Kader PKS itu satu komando," ujar Jeirry. (sam/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hasil Pilkada Konawe Digugat di MK

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler