Gatot Kembali Dikorek Soal Uang untuk Jaksa Maruli

Rabu, 10 Februari 2016 – 17:35 WIB
Gatot Pujo, OC Kaligis dan Evy Susanti. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Terdakwa suap pengamanan perkara korupsi bantuan sosial Sumatera Utara di Kejaksaan Agung, Gubernur non aktif Sumut Gatot Pujo Nugroho kembali memberikan kesaksian di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (10/2). 

Dalam persidangan, Jaksa Penuntut Umum KPK mengkonfirmasi Gatot soal uang  yang disebut-sebut diberikan kepada Direktur Penyidikan Jampidsus kala itu Maruli Hutagalung.

BACA JUGA: Ini Perkiraan Harga Tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Gatot menjelaskan berdasarkan laporan dari pengacaranya, Otto Cornelis Kaligis, ada pemberian uang untuk Maruli. "Saya dapat report dari Pak OCK sudah diberikan uang ke Maruli," beber Gatot di persidangan. 

Hanya saja, Gator mengaku tak tahu apakah uang tersebut benar-benar sudah diberikan Kaligis kepada Maruli. "OCK yang lebih tahu," tegasnya. 

BACA JUGA: Gatot Minta Hentikan Kasus karena Jaksa Agung Kader Nasdem

Dia menegaskan bahwa semua yang mengetahui persoalan tersebut adalah OCK. "Saya tidak tahu uang itu diberikan oleh siapa, diberikan atau tidak," ungkap dia. 

Gatot juga mengaku bahwa saat diperiksa Jamwas Kejagung sudah menyampaikan ada pemberian uang ke Maruli berdasarkan laporan yang disampaikan Kaligis kepadanya. 

BACA JUGA: Gatot: Katanya Ada Permintaan Uang dari Pak Rusli Paloh

"Saat saya diperiksa ke Jamwas saya sampaikan seperti itu, ada pemberian uang ke Maruli," terangnya.

Ketua Majelis Hakim Sinung Hermawan kemudian mengkonfirmasi ke Gatot berapa uang yang diberikan untuk Maruli. "Rp 500 juta seingat saya," kata Gatot menjawab Ketua Majelis. 

Seperti diketahui, petinggi Korps Adhyaksa yang disebut-sebut terlibat dalam upaya pengamanan kasus ini adalah Maruli Hutagalung yang saat itu menjadi Direktur Penyidikan Jampidsus. Dia disebut menerima uang Rp 500 juta dari Gatot melalui pengacara kondang OC Kaligis.

Tak hanya Maruli, Jaksa Agung, Prasetyo turut disebut telah dijanjikan uang USD20 ribu oleh Evy Susanti jika kasus yang menjerat sang suami dihentikan. Janji itu disampaikan Evy kepada Fransisca Insani Rahesti setelah bertemu dengan Patrice Rio Capella.  Baik Prasetyo maupun Maruli sudah membantah hal ini dalam berbagai kesempatan. (boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Duh, Jokowi Didoakan Susah Tidur dan Kena Stroke


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler