Gedung Tinggi di DKI Jakarta Harus Beli Water Mist Sendiri

Selasa, 29 Agustus 2023 – 22:41 WIB
Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Gedung Astra, Jakarta Pusat, Selasa (29/8). Foto: Ryana Aryadita/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan ada 300 gedung tinggi di ibu kota yang mesti menyediakan alat water mist.

Water mist dipasang di gedung tinggi sebagai salah satu upaya mengurangi polusi udara yang saat ini sangat tinggi.

BACA JUGA: Pasang Alat Water Mist Tangani Polusi Udara, Gedung Tinggi Mesti Keluarkan Rp 50 Juta

“Dari data yang saya terima per hari ini adalah 300 sekian gedung,” ucap Heru di Gedung Astra, Jakarta Pusat, Selasa (29/8).

Menurut Heru, dia akan memanggil perusahaan secara bertahap ke Balai Kota DKI Jakarta untuk membicarakan pemasangan alat water mist itu.

BACA JUGA: Gedung Tinggi Wajib Pasang Water Mist untuk Tekan Polusi Udara, Begini Cara Kerjanya

Adapun, untuk anggaran pembelian atau pemasangan water mist tak disubsidi oleh Pemprov DKI Jakarta. Artinya, pemilik gedung mesti mengeluarkan anggaran sendiri untuk memasang alat tersebut.

“Enggak ada (subsidi), beli masing-masing. Namanya kondisi kekeringan itu kondisi cuaca panas kan tidak tahun ini saja. Tahun depan ketemu lagi,” kata dia.

BACA JUGA: Karnaval HUT RI di Mojokerto Jatim Mencekam

Kepala Sekretariat Presiden ini menjelaskan kekeringan dan polusi tinggi kemungkinan akan terjadi setiap tahunnya. Sehingga, perusahaan sudah mempunyai alat water mist masing-masing untuk disiagakan.

“Jadi, itu sudah standar yang setiap tahun ketika musim kering atau musim panas, ada polusi, ya itu digunakan,” tuturnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto mengatakan penyediaan alat water mist harus mengeluarkan biaya Rp 50 juta.

Penyemprotan dari water mist itu adalah untuk mengikat polusi yang terbentuk dari PM 2,5.

Tak hanya itu, untuk sumber air menjadi bentuk tanggung jawab dari masing-masing gedung terhadap pengendalian pencemaran udara di Jakarta.

“Jadi, karena memang apa namanya konsumsi airnya juga enggak banyak diharapkan memang partisipasi dari seluruh pemilik gedung nantinya bisa dilakukan terhadap penyediaan water mist dan harganya tidak mahal,” jelas Asep. (mcr4/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

BACA ARTIKEL LAINNYA... Terkuak Motif Pembunuhan Suami Istri di Kebon Baru Tebet, Astaga


Redaktur : Rah Mahatma Sakti
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler