Gegap Gempita Hari Kedua RRREC Fest 2023

Minggu, 08 Oktober 2023 – 10:04 WIB
Duo post-punk asal Purbalingga, Sukatani beraksi dalam RRREC Fest 2023 di kawasan Tanakita Five Star Camp, Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (7/10). Foto: Dedi Yondra/JPNN.com

jpnn.com, SUKABUMI - Berbagai keseruan tersaji dalam festival musik dan seni, RRREC Fest 2023 yang memasuki hari kedua pada Sabtu (7/10).

Tidak hanya pertunjukan musik, beberapa aktivitas kumpul dan berbagi ilmu terjadi di kawasan Tanakita Five Star Camping Ground, Sukabumi, Jawa Barat sebagai lokasi acara.

BACA JUGA: Tomy Bollin Bikin Heboh RRREC Fest 2023

Kegiatan presentasi festival, talkshow, hingga workshop menjadi salah satu daya tarik RRREC Fest 2023. Wadah tersebut dijadikan untuk berbagi ilmu dan sudut pandang tentang kesenian.

Workshop pada hari kedua RRREC Fest 2023 menampilkan narasumber seperti Rifkyikiw serta kawan-kawan dari Rurukids. Rifkyikiw merupakan pengajar dan ilustrator yang berbagi tentang karyanya yang padat dan eksploratif.

BACA JUGA: Mother Bank Pamer Lagu Baru di RRREC Fest 2023

Sementara itu, Rurukids dimulai pada 2010 oleh Ruangrupa yang mengelola program seni berbasis pendidikan yang menyenangkan, edukatif, dan inovatif untuk anak dan remaja. Rurukids mengajak pengunjung RRREC Fest 2023 untuk belajar dan bereksplorasi di Tanakita Area.

Talkshow dan program podcast di RRREC Fest 2023 pada hari kedua menghadirkan sejumlah nama mentereng. Narasumber seperti TOD, Rani Jambak, Grrrl Gang, serta pihak Yes No Wave hingga Lamunai bicara tentang karya yang telah dirilis.

Di sela acara, hadirin RRREC Fest 2023 tampak akrab dan saling membaur. Momen berkemah hingga antre makan juga jadi pengalaman tidak terlupakan tentunya.

BACA JUGA: RRREC Fest 2023 Hari Pertama, Mama Djana dan Rimba Menarik Perhatian

Selain sesi bincang dan diskusi, RRREC Fest 2023 hari kedua juga dimeriahkan oleh pertunjukan musik. Beberapa musisi beraksi di area Lembah, Rururadio Lounge, dan Gang Senggol.

David Angu menjadi salah satu penampil yang menarik perhatian di siang hari. Dia merupakan penyanyi, gitaris, dan komposer asal Itanagar, Arunachal Pradesh, India Timur Laut.

Dalam penampilan di RRREC Fest 2023, David Angu tampil seorang diri. Karya yang dibawakan memadukan musik rakyat tradisional dengan rock klasik.

"Halo RRREC Fest, senang berada di sini. Saya tampil seorang diri, semoga nanti saya bisa membawa band ke sini," kata David Angu di kawasan Tanakita, Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (7/10).

Meski lagunya berbahasa asing, David Angu tetap sukses membimbing pendengar untuk menyimak dan bernyanyi bersama.

Setelah David Angu, giliran Mother Bank yang mengambil alih panggung Lembah.

Grup asal Majalengka yang memadukan rock dengan alat musik keramik itu memamerkan lagu terbaru saat tampil dalam RRREC Fest 2023. Adapun lagu baru yang dibawakan untuk pertama kali tersebut berjudul Babanton.

"Lagu baru kami judulnya Babanton, artinya seperti sebuah pengumuman untuk saling membantu, misal untuk acara nikahan, sunatan, dan lainnya," kata Yanti, vokalis Mother Bank.

Para personel Mother Bank tampak sedikit tegang saat membawakan lagu baru tersebut di depan hadirin RRREC Fest 2023. Maklum, lagu Babanton paru pertama kali dipentaskan.

Meski demikian, Mother Bank berhasil lancar membawakan lagu itu sambil mengajak para penonton bergoyang.

Selain lagu baru, Mother Bank juga membawakan beberapa lagu andalan saat beraksi di RRREC Fest 2023. Sejumlah lagu yang dibawakan Mother Bank yakni Wakare, Bubaran Sunrise, dan Jor Bae.

Bila Wakare merupakan lagu soal kampung yang memiliki tanah sengketa, Jor Bae adalah lagu tentang kebiasan ibu-ibu yang bemalas-malasan.

Penampilan Mother Bank dalam RRREC Fest 2023 ditutup dengan beberapa lagu, di antaranya, Jalan-jalan, dan Pabrik.

Beranjak sore, area RRREC Fest 2023 sempat diguyur hujan deras. Hujan tidak berlangsung lama sehingga pesta dapat dilanjutkan.

Rapper asal Bukittinggi, Tomy Bollin mendapat giliran tampil selanjutnya di area Rururadio Lounge. Dia beraksi sangat energik dan menghebohkan suasana hari kedua RRREC Fest 2023.

Sejak eksis sebagai rapper, Tomy Bollin selalu memadukan musik hip-hop dengan budaya Minangkabau. Tidak hanya soal karya, tetapi juga perihal penampilan.

Buktinya ketika naik panggung RRREC Fest, Tomy Bollin muncul dengan memakai atasan jersei baseball yang dipadukan dengan sarawa galembong yakni celana yang biasa dipakai oleh pemain Randai, kesenian dari Sumatra Barat.

"Halo selamat sore RRREC Fest 2023, perkenalkan saya Tomy Bollin dari Bukittinggi, Sumatra Barat, senang bisa berada di sini," sapa Tomy Bollin.

Dalam penampilan di RRREC Fest 2023, Tomy Bollin dibantu dan diiringi oleh DJ Pucat Pasi. Sinergi dua pria asal Bukittinggi itu terlihat begitu kompak di atas panggung.

Tomy Bollin langsung mengentak panggung dengan lagu pembuka seperti Karatau Madang Dahulu dan Malin Kundang. Musik hiphop dan alunan musik khas Minang menyatu lalu menghebohkan panggung.

Ratusan pengunjung RRREC Fest 2023 pun perlahan mulai bergoyang merespons lagu dari Tomy Bollin. Meski karya Tomy Bollin umumnya berdialek Minang, para penonton tetap antusias ikut bernyanyi.

"Semua yang ada di RRREC Fest seru banget," ucap Tomy Bollin memuji para pengunjung.

Lagu Es Tebak disambung dengan JCC (Jangan Coba-Coba) makin memanaskan aksi panggung Tomy Bollin di RRREC Fest 2023. Tidak hanya di pentas, dia bahkan rela turun panggung untuk mengajak kerumunan penonton berdendang.

Salah satu hit paling populer milik Tomy Bollin berjudul Siteba Lapai Khatib Minang menjadi sajian berikutnya. Lagu tersebut disambut teriakan para penonton. Beberapa hadirin barisan depan turut menyanyikan lirik Dindin Badindin dengan semangat.

Tomy Bollin melanjutkan repertoar dengan karya berjudul Ubek Poniang, Maleh Se Den Nyeh, dan Tukang Boto.

Selain Tomy Bollin, Rani Jambak juga menjadi salah satu musisi berdarah Minangkabau yang tampil di RRREC Fest 2023. Dia dikenal sebagai komposer, produser, dan penyanyi yang mengeksplorasi musik elektronik dan soundscape.

Rani Jambak mengumpulkan berbagai musik dan soundscape dari berbagai tempat di Indonesia. Semua lagunya bicara mengenai sosial budaya dan hubungan manusia dengan leluhur, serta isu lingkungan.

Salah satu karya Rani Jambak berjudul Suara Minangkabau (Darek) mampu membuat hadirin RRREC Fest 2023 bergoyang di depan panggung Lembah.

RRREC Fest 2023 selanjutnya dihebohkan dengan aksi band punk asal Bogor, The Kuda. Grup yang berdiri sejak 2009 itu membawakan beberapa lagu dari album terbaru, Butakala.

Setelah The Kuda, grup musik Grrrl Gang tampil di area Rururadio Lounge. Band asal Yogyakarta yang diperkuat Angee Sentana, Akbar Rumandung, dan Edo Alventa itu merupakan salah satu penampil paling ditunggu di RRREC Fest 2023.

Setelah melepas album Spunky pada September 2023 lalu, nama Grrrl Gang langsung meroket di kancah musik. Tidak hanya di Indonesia, album tersebut juga diulas oleh beberapa media luar negeri.

Duo post-punk asal Purbalingga, Sukatani juga menyedot animo penonton RRREC Fest 2023. Sukatani memainkan musik post-punk dengan sensibilitas new wave yang menyenangkan.

Materi album Gelap Gempita yang diluncurkan pada Juli 2023 lalu menjadi salah satu suguhan yang diperdengarkan Sukatani di RRREC Fest 2023.

Hari kedua RRREC Fest 2023 kemudian ditutup dengan penampilan DJ Vita & Vanessa. Selanjutnya aksi DJ Arum juga sukses mengajak penonton untuk bernyanyi menikmati malam.

Sementara itu, hari ketiga RRREC Fest 2023 pada Minggu (8/10) akan menyuguhkan penampilan Wayang Sujuraga dan REM yakni Rien Djamain, Ermy Kulit, serta Margie Segers. (ded/jpnn)


Redaktur & Reporter : Dedi Yondra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler