Tomy Bollin Bikin Heboh RRREC Fest 2023

Minggu, 08 Oktober 2023 – 05:59 WIB
Rapper asal Bukittinggi, Tomy Bollin sukses menghibur RRREC Fest 2023 di Tanakita Five Star Camp, Sukabumi, Jawa Barat, pada Sabtu (7/10). Foto: Dedi Yondra/JPNN.com

jpnn.com, SUKABUMI - Rapper asal Bukittinggi, Tomy Bollin sukses menghibur RRREC Fest 2023 di Tanakita Five Star Camp, Sukabumi pada Sabtu (7/10).

Dia tampil energik dan menghebohkan suasana di area panggung Rururadio Lounge pada hari kedua RRREC Fest 2023.

BACA JUGA: Mother Bank Pamer Lagu Baru di RRREC Fest 2023

Sejak eksis sebagai rapper, Tomy Bollin selalu memadukan musik hip-hop dengan budaya Minangkabau. Tidak hanya soal karya, tetapi juga perihal penampilan.

Buktinya ketika naik panggung RRREC Fest, Tomy Bollin muncul dengan memakai atasan jersei baseball yang dipadukan dengan sarawa galembong yakni celana yang biasa dipakai oleh pemain Randai, kesenian dari Sumatra Barat.

BACA JUGA: RRREC Fest 2023 Hari Pertama, Mama Djana dan Rimba Menarik Perhatian

Pria berusia 46 tahun itu makin kece dengan aksesori kalung, kacamata hitam dan beanie hat kuning. Tomy Bollin tampak naik panggung dengan percaya diri.

"Halo selamat sore RRREC Fest 2023, perkenalkan saya Tomy Bollin dari Bukittinggi, Sumatra Barat, senang bisa berada di sini," kata Tomy Bollin di Tanakita, Sukabumi, Sabtu (7/10) petang.

BACA JUGA: Kintani dan Misi Mulia di Pestapora 2023

Dalam penampilan di RRREC Fest 2023, Tomy Bollin dibantu dan diiringi oleh DJ Pucat Pasi. Sinergi dua pria asal Bukittinggi itu terlihat begitu kompak di atas panggung.

Tomy Bollin langsung mengentak panggung dengan lagu pembuka seperti Karatau Madang Dahulu dan Malin Kundang. Musik hiphop dan alunan musik khas Minang menyatu lalu menghebohkan panggung.

Ratusan pengunjung RRREC Fest 2023 pun perlahan mulai bergoyang merespons lagu dari Tomy Bollin. Meski karya Tomy Bollin umumnya berdialek Minang, para penonton tetap antusias ikut bernyanyi.

"Semua yang ada di RRREC Fest seru banget," ucap Tomy Bollin memuji para pengunjung.

Lagu Es Tebak disambung dengan JCC (Jangan Coba-Coba) makin memanaskan aksi panggung Tomy Bollin di RRREC Fest 2023. Tidak hanya di pentas, dia bahkan rela turun untuk mengajak penonton berdendang.

Salah satu hit paling populer milik Tomy Bollin berjudul Siteba Lapai Khatib Minang menjadi sajian berikutnya. Lagu tersebut disambut teriakan para penonton. Beberapa hadirin barisan depan turut menyanyikan lirik Dindin Badindin dengan semangat.

"Sudah capek? Lanjut?" sapa Tomy Bollin.

Meski tidak muda lagi, Tomy Bollin tetap energik saat berada di panggung. Dia terus menyanyi dan bergoyang dari lagu Ubek Poniang hingga Maleh Se Den Nyeh.

Beberapa kali Tomy Bollin kembali turun panggung untuk berinteraksi dengan penonton RRREC Fest 2023. Hal tersebut membuktikan betapa ramah seniman hiphop asal Bukittinggi itu.

Lagu Tukang Boto menjadi penutup perjumpaan Tomy Bollin dengan penonton RRREC Fest 2023. Sebelum berpisah, hadirin ramai-ramai meminta foto bersama Tomy Bollin, rapper yang mencuri perhatian.

Perjalanan Tomy Bollin menjadi rapper paling terkenal di Sumatra Barat tidaklah muda. Dia telah belajar bernyanyi dan dance sejak kecil.

"Saya sejak SD suka hiphop, ikut lomba dance dan latihan menyanyi bersama ibunda Nola Be3. Pada saat itu, saya disuruh buat lagu ciptaan sendiri," jelasnya.

Tomy Bollin terinspirasi dari berbagai rapper pada era 90an, seperti Vanilla Ice, Milli Vanilli, dan Dr Alban. Namun, dirinya tidak mau meniru seratus persen para musisi tersebut.

Tomy Bollin kemudian coba memadukan hiphop dengan musik budaya Minangkabau. Untuk urusan lirik, dia memilih menggunakan bahasa Minang.

"Di setiap lagu saya, ada nuansa Minang. Kalau lirik, ada terdiri dari pepatah Minang, isinya tentang kehidupan sosial," beber Tomy Bollin.

Aktif menjadi rapper sejak 2006, Tomy Bollin telah menghasilkan tiga album. Dua album dirilis oleh label, sementara satu album lainnya diedarkan secara mandiri.

"2 album dirilis label, 1 album independen," imbuhnya.

Salah satu lagu Tomy Bollin yakni Siteba Lapai Khatib Minang ternyata meledak di pasaran. Dia mendadak jadi perbincangan di kancah musik Minang. Sampai saat ini, lagu tersebut masih ramai pendengar.

Berkat lagu itu pula Tomy Bollin kini banyak berkolaborasi dengan musisi lintas genre. Dia diajak mengisi bagian rap untuk beberapa lagu Minang.

Meski kini telah populer, Tomy Bollin tidak mau meninggalkan tanah asalnya. Dia ingin tetap menetap di Bukittinggi, serta melanjutkan usahanya.

Tomy Bollin diketahui memiliki toko pakaian bekas di Bukittinggi. Selain sebagai rapper, dia juga dikenal karena pengetahuan tentang thrifting.

"Saya jualan barang bekas sejak 1996 di Bukittinggi," tambah Tomy Bollin.

Setelah penampilan di RRREC Fest 2023, Tomy Bollin berharap bisa terus berkarya dan menjangkau pendengar lebih luas hingga luar negeri. (ded/jpnn)


Redaktur & Reporter : Dedi Yondra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler