Gegara Ini, Thibaut Courtois Umumkan Tidak Akan Bermain untuk Timnas Belgia

Jumat, 23 Agustus 2024 – 10:22 WIB
Thibaut Courtois. Foto: AFP

jpnn.com - JAKARTA - Thibaut Courtois resmi mengumumkan tidak akan bermain untuk Tim Nasional Belgia selama masih dilatih Domenico Tedesco.

Keputusan itu diambil Courtouis setelah terjadi perselisihan antara dirinya dan Tedesco tahun lalu, yang membuatnya tidak dimasukkan dalam skuad Belgia untuk Piala Eropa 2024.

BACA JUGA: Bea Cukai dan Belgium Customs Kenalkan Proses Ekspor ke Belgia Kepada Pelaku UMKM

Courtois menyampaikan keputusannya melalui akun miliknya di media sosial pada Jumat.

"Saya merasa terhormat bisa mengenakan seragam tim nasional, bahkan saya tidak pernah terbayangkan bisa mengenakannya lebih dari 100 kali," tulis Thibaut Courtois.

BACA JUGA: Thibaut Courtois Cedera ACL, Ancelotti Mengandalkan Lunin

"Sayangnya, menyusul kejadian dengan pelatih dan setelah banyak pertimbangan, saya telah memutuskan untuk tidak kembali ke tim nasional Belgia di bawah manajemennya."

"Dalam hal ini, saya juga ikut bertanggung jawab. Namun, kurangnya kepercayaan saya kepada Tedesco tidak akan mengganggu atmosfer di timnas."

BACA JUGA: Karim Benzema akan Meninggalkan Real Madrid, Courtois: Sayang Sekali Dia Pergi, tetapi Kami Mengerti

Courtois absen di mayoritas musim lalu karena dua cedera lutut yang dialaminya. 

Dia sudah pulih dan bermain menjelang akhir musim lalu termasuk jadi starter saat Real Madrid kalahkan Borussia Dortmund di final Liga Champions.

Namun, nama Courtois tidak masuk dalam skuad Belgia asuhan Tedesco untuk EURO 2024.

Perselisihan kiper berusia 32 tahun dengan Tedesco dimulai pada Juni 2023 setelah tidak dipanggil ke Timnas Belgia untuk laga kualifikasi Euro 2024 melawan Estonia.

Penjaga gawang berusia 32 tahun itu juga mengungkapkan bahwa Asosiasi Sepak Bola Belgia telah menerima keputusannya dan alasan di balik semua itu. 

Meski menyesal mungkin telah mengecewakan beberapa penggemar, Courtois yakin bahwa ini adalah tindakan terbaik untuk Belgia.

"Saya menyesal mungkin mengecewakan beberapa penggemar, tetapi saya yakin bahwa ini adalah tindakan terbaik bagi Belgia, karena ini menutup perdebatan dan memungkinkan tim untuk fokus mengejar tujuannya. Terima kasih atas dukungan, cinta, dan pengertian Anda yang tak tergoyahkan," kata Courtois.

Tedesco ditunjuk sebagai pelatih Timnas Belgia pada Februari 2023 dan telah memperpanjang kontraknya sebelum EURO 2024. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler